3 Cara Memperkecil Ukuran File Word: Kompres DOC, DOCX

3 Cara Memperkecil Ukuran File WordKompres DOC, DOCX

3 Cara Memperkecil Ukuran File Word: Kompres DOC, DOCX

 

3 Cara Memperkecil Ukuran File WordKompres DOC, DOCX
3 Cara Memperkecil Ukuran File WordKompres DOC, DOCX

Biasanya pada saat kita membuat sebuah tugas tidak hanya hasil print out saja yang dikumpulkan, namun terkadang juga ada kalanya soft copy dari file tersebut diminta juga. Ukuran file Microsoft Word tidak menjadi masalah, apabila pengiriman file dilakukan menggunakan perantara flashdisk. Permasalahannya yaitu apabila ukuran file Microsoft Word tersebut besar dan harus dikirim melalui email, tentu akan sangat merepotkan.

Pada umumnya dokumen Microsoft Word yang memiliki ukuran yang besar, biasanya berisi foto-foto maupun gambar. Apabila hanya berisi teks saja, biasanya hanya berukuran beberapa KB saja. Pada saat foto dimasukkan ke dalam dokumen Microsoft Word, maka ukuran dokumen Microsoft Word tersebut akan semakin bertambah.

Contoh dokumen Microsoft Word yang biasanya memiliki kapasitas atau ukuran file yang besar yaitu tugas kliping berisi banyak gambar, laporan kegiatan dan lampiran foto, dan lain sebagainya. Pada saat ini, ukuran foto yang dihasilkan oleh smartphone terbilang cukup besar, yaitu mulai dari 3 – 4 MB. Apalagi jika foto tersebut menggunakan kamera DSLR yang memiliki ukuran sampai 10 MB bahkan lebih.

Cara Memperkecil Ukuran File Microsoft Word

Daftar Isi

Cara Memperkecil Ukuran File Microsoft Word
1. Cara Kompres Word dengan Kompres Gambar
2. Cara Kompres Ukuran Word dengan Online
3. Perkecil Gambar dalam Dokumen Secara Manual

Nah maka dari itu pada tutorial kali mastekno akan memberikan tutorial bagaimana cara kompres file Microsoft Word dengan mudah. Pada tutorial kali ini mastekno akan menggunakan Microsoft Word 2013. Untuk versi lainnya, seperti Microsoft Word 2007, 2010, atau 2016, caranya tidak jauh berbeda. Untuk lebih lengkapnya simak tutorialnya berikut ini.

Nah, berikut ini adalah 3 Cara Kompres Ukuran Word Online, antara lain.
1. Cara Kompres Word dengan Kompres Gambar

Cara yang pertama adalah dengan cara mengkompres gambar yang ada pada file word, berikut ini adalah caranya, simak dengan baik.

1. Pertama silahkan kamu buka dokumen Microsoft Word yang ingin kamu kompres ukurannya.

2. Selanjutnya, double klik pada salah satu foto atau gambar dalam dokumen tersebut.

3. Nantinya akan muncul menu Picture Tools Format.

4. Kemudian klik Compress Picture dalam group Adjust.

5. Maka akan muncul jendela Compress Picture seperti gambar berikut.

cara kompres atau memperkecil ukuran file microsoft word

Keterangan pada jendela Compress Picture :

Apply only to this picture, artinya kompres akan diterapkan hanya ke foto atau gambar ini saja. Apabila kamu ingin mengkompres semua foto dalam dokumen tersebut, maka hilangkan tanda checklist nya.

Delete cropped areas of pictures, artinya akan menghapus area foto yang disembunyikan dengan fitur Crop. Checklist pada bagian ini supaya gambar yang tidak digunakan akan terhapus dan ukuran file Microsoft Word akan semakin kecil.

Pada bagian Resolution, pilihlah sesuai dengan kebutuhan kamu, apabila dokumen tersebut akan dikirim melalui email atau aplikasi message, maka gunakanlah Email atau yang berukuran 96 ppi. Jika sudah, klik OK. Maka akan secara otomatis semua foto atau gambar pada dokumen tersebut akan dikompres menyesuaikan aturan yang telah kita tentukan.

cara kompres atau memperkecil ukuran file microsoft word

Lihatlah perubahan dari ukuran file Microsoft Word yang awalnya 50 MB, setelah dikompres sekarang ukuran file Microsoft Word tersebut menjadi lebih kecil yaitu hanya 5 MB saja. Dengan begitu apabila jika ingin dikirim melalui email atau aplikasi message akan lebih mudah.

2. Cara Kompres Ukuran Word dengan Online

Ada sebagian orang yang belum tahu jika kita sebenarnya ada beberapa situs yang menyediakan layanan untuk mengoptimalisasi ukuran file dokumen word. Untuk tips yang satu ini kita tidak usah mengatur gambar yang seperti cara sebelumnya, tapi hasil akhirnya akan diatur secara otomatis. berikut ini adalah caranya,

1. Buka Website www.wecompress.com

2. Setekah itu klik tombol Add “+”, lalu pilih dokumen yang ingin kamu kompres

cara mengecilkan file word

3. Tunggu proses kompres beberapa saat,

cara mengecilkan file word kompres online

4. Setelah proses tersebut selesai, kamu bisa langsung menyimpan hasil kompres file tersebut. Dari hasil kompres file dari website ini bisa tergolong sangat lumayan untuk mengurangi ukuran dokumen.

3. Perkecil Gambar dalam Dokumen Secara Manual

Selain dari 2 (dua) cara diatas, tentunya masih ada cara lain yang bisa kamu pakai, cara yang satu ini menggunakan metode manual. Berbeda dengan cara yang sudah dibahas diatas, cara yang satu ini kita harus mengaturnya sendiri. Kita bisa mengkompres terlebih dahulu gambar atau foto yang digunakan dalam dokumen, sebelum kita memasukkan ke dalam dokumen. Kita bisa menggunakan software Adobe Photoshop atau bisa menggunakan situs seperti disini.

Jadi itulah artikel dari mastekno mengenai cara kompres memperkecil ukuran dokumen word dengan mudah. Dengan begitu, maka sekarang kamu tidak perlu khawatir apabila di suruh untuk mengirim dokumen Microsoft Word dengan ukuran yang besar. Sekian dari mastekno, semoga dapat bermanfaat dan membantu serta menambah wawasan kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber:

https://infinidb.org/

Posted on: April 28, 2020, by :