Ajak Generasi Muda Kenalkan Kaulinan Urang Lembur

Ajak Generasi Muda Kenalkan Kaulinan Urang Lembur

Ajak Generasi Muda Kenalkan Kaulinan Urang Lembur

 

Ajak Generasi Muda Kenalkan Kaulinan Urang Lembur

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Sudah mulai dilupakannya beragam permainan tradisional oleh masyarakat terutama kalangan generasi muda khususnya usia sekolah, membuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor tergerak berinisiasi menggelar Workshop Kaulinan Urang Lembur 2018 di Graha Pool, Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (21/03/2018).

“Mungkin mereka (anak-anak) ini kenal, tahu. Tapi tidak bisa menerapkan atau memainkannya. Oleh karena itu, dengan adanya program permainan urang lembur ini sekarang sudah banyak dimainkan lagi oleh anak-anak sekolah, mulai dari tingkat SD sampai SMP,” ungkap Shahlan.

Memang dijelaskannya

Ada dua jenis dari kaulinan urang lembur ini. Yang pertama yaitu tari permainan urang lembur, dan yang kedua kegiatan permainan urang lembur. Jika kegiatan urang lembur itu sendiri sifatnya dilakukan di ruang terbuka dengan berbagai aktivitasnya, sementara tari ini dilakukan di panggung.

“Kalau tarian ini dikolaborasikan dengan musik, tapi kalau permainannya harus membawakan beragam kaulinan lembur, seperti engrang, bedil jepret dan lainnya. Ini tidak mudah karena pengemasannya harus apik dan betul-betul membutuhkan keahlian. Jadi mengolaborasikan permainan urang lembur ini menjadi seni tari,” paparnya.

Apalagi, masih kata Shahlan

Kota Bogor secara berturut-turut menjadi yang terbaik di tingkat Jawa Barat dan bahkan di tingkat nasional pada tahun 2016 lalu saat mengikuti lomba kaulinan urang lembur.

Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman

Workshop yang akan berlangsung selama dua hari itu dibuka Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman dan dihadiri sejumlah Kepala Bidang pada Disparbud Kota Bogor.

Artikel terkait:

Posted on: March 23, 2019, by : 9faxj