Alasan Mengapa Tidak Boleh Membeli Ban Murahan

Ban adalahsalah satu komponen yang sangat urgen pada mobil. Tanpanya, mobil tidak bakal berjalan dengan mulus. Sudah tidak sedikit produsen-produsen ban di dunia, mulai dengan yang kisaran harganya murah sampai yang paling mahal.

Selain bermanfaat sebagai kaki-kaki, ban dapat juga meningkatkan atau bahkan meminimalisir peforma mobil Anda. Seperti yang dilansir dari musclecarszone.com, perbedaan harga ternyata dominan dengan kualitas mobil. Semakin murah ban mobil, kualitas ban sangatlah rendah, sementara semakin mahal, maka semakin bagus pun kualitasnya. Tentu, harga berbanding lurus dengan kualitas.

Salah satu misal kasus, seorang lelaki akan mengubah ban Honda S2000 miliknya dengan ban yang baru. Alasannya ialah karena ban yang digunakan ialah ban dari manufaktur mobil yang seringkali di pasaran dan dibanderol dengan harga yang murah.

Dia mulai mengerjakan tes pengereman dengan kedua ban, yakni Fuzion HRI/VRI ban bawaan mobil dan Bridgestone RE-71 R dari produsen ban ternama. Keduanya dites dan hasilnya pun paling mengejutkan.

Dalam kecepatan tinggi, mobil dengan ban Bridgestone yang dibanderol agak mahal tersebut mampu berhenti dalam masa-masa 2,84 detik. Jika dikomparasikan dengan Fuzion, mobil itu dapat berhenti dengan masa-masa yang lebih lama. Hingga putaran kedua dan ketiga, Bridgestone pun dapat menghentikan kendaraan dengan masa-masa singkat.

Perbedaan yang jauh dapat terlihat saat mengerjakan pengereman dengan kedua ban tersebut. Saat memakai Fuzion, masa-masa yang dibutuhkan untuk berhenti terhitung lebih lama. Sedangkan, Bridgestone dapat merendahkan kecepatan mobil, meskipun dipakai berkali-kali.

Jadi, dapat ditarik benang merah bahwa ban dengan harga yang lebih murah belum pasti mempunyai kualitas bagus, dan andai materialnya tidak cukup baik, maka bakal menurunkan peforma mobil sampai-sampai berisiko terhadap ketenteraman Anda, terutama ketika dalam suasana genting. Sumber : https://cutt.us/sevamobilbekas

Posted on: May 16, 2020, by :