ANCAMAN WAWASAN NUSANTARA

ANCAMAN WAWASAN NUSANTARA

ANCAMAN WAWASAN NUSANTARA

ANCAMAN WAWASAN NUSANTARA

1. ANCAMAN DARI DALAM NEGERI (INTERNAL)

A. GERAKAN SEPARATISME

Gerakan separatism merupakan isu keamanan yang mengancam keutuhan wilayah indonesia. Gerakan ini dapat dilakukan dalam bentuk gerakan separatisme politik maupun gerakan separatisme bersenjata. Munculnya gerakan separatisme dalam kelompok di berbagai wilayah yang ingin memisahkan diri menjadi masalah serius yang akan mengancam keutuhan bangsa.

B. KONFLIK KOMUNAL

Kondisi Indonesia yang heterogen menimbulkan potensi adanya konflik komunal yang akan mengganggu stabilitas nasional. Konflik komunal dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk memprovokasi atau memecah belah bangsa.

C. ISU POLITIK DAN EKONOMI

Adanya kondisi politik yang fluktuatif dapat mengganggu stabilitas negara dan dapat menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa. Isu ancaman ekonomi seperti tingginya pengangguran, ketimpangan distribusi pendapatan juga menjadi ancaman yang dapat mengganggu stabilitas nasional.

2. ANCAMAN DARI LUAR NEGERI (EKSTERNAL)

A. KONDISI KEAMANAN INTERNASIONAL

Segala bentuk kegiatan perompakan, penyelundupan senjata dan bahan peledak, penyelundupan narkotika, imigran gelap dan pencurian ikan saat ini menjadi ancaman bagi keutuhan nusantara.

B. KONFLIK TERRITORIAL DAN PERBATASAN DENGAN NEGARA LAIN

Indonesia dengan beberapa negara tetangga masih memiliki persoalan batas wilayah yang saat ini masih belum selesai. Hal ini dapat menjadi sumber potensi ancaman konflik bersenjata di masa mendatang.

C. PENETRASI IDEOLOGI

Penetrasi ideologi dapat masuk melalui kebijakan politik yang menggunakan isu-isu global untuk menyerang Indonesia.

D. PENETRASI BUDAYA

Perkembangan teknologi dan informasi juga menyebabkan adanya ancaman penetrasi budaya dari luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.


Sumber: https://hon.co.id/driveline-apk/

Posted on: May 8, 2020, by :