BANK SENTRAL

BANK SENTRAL

Pengertian Bank Sentral

Bank sentral secara umum, adalah sebuah lembaga yang bertanggungjawab atas kebijakan yang berkaitan dengan keuangan (kebijakan moneter) di negara tertentu. Bank sentral juga dapat diartikan sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk menstabilkan harga maupun nilai mata uang yang berlaku di suatu negara. Di Indonesia sendiri yang dijadikan sebagai bank sentral adalah bank Indonesia.
Menurut wikipedia mengartikan bank sentral secara umum, adalah sebuah lembaga yang bertanggungjawab atas kebijakan yang berkaitan dengan keuangan (kebijakan moneter) di negara tertentu.
Bank sentral juga dapat diartikan sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk menstabilkan harga maupun nilai mata uang yang berlaku di suatu negara. Di Indonesia sendiri yang dijadikan sebagai bank sentral adalah bank Indonesia.
Secara geografis yang dinamakan bank sentral Indonesia adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta dan memiliki kantor cabang di berbagai wilayah, dan provinsi yang ada di Indonesia. Bank Indonesia adalah contoh bank sentral yang ada di Indonesia.
Berdasarkan UU No.3 th. 2004 tentang perubahan atas UU No. 23 Th. 1999 tentang Bank Indonesia,menjelaskan bahwa Bank Indonesia adalah suatu badan/ lembaga negara yang dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, bebas dari berbagai pihak serta berdiri sendiri, baik itu pemerintah maupun pihak-pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang jelas-jelas diatur dalam undang-undang.
2. Tujuan, Peran dan Tugas Bank Sentral Indonesia
a. Tujuan dan Peran Bank Sentral
Sebagai Bank sentral Indonesia, BI memiliki tujuan pokok, yaitu memelihara dan menestabilkan nilai mata uang rupiah. Yang dimaksud mestabilkan nilai mata uang, yaitu meliputi kestabilan nilai uang terhadap uang maupun jasa yang diukur dengan inflasi, serta kestabilan terhadap nilai tukar dengan mata uang asing.

b. Tugas Pokok Bank Sentral
Untuk mencapai tujuan tunggal Bank sentral maka pemerintah Indoensia telah mengatur tugas-tugasnya dalam UU. Berdasarkan UU No. 23 tahun 1999, dijelaskan secara gamblang tugas-tugas Bank Indonesia. Diantaranya adalah:
· Mengatur sirkulasi uang dengan cara menetapkan dan menjalankan kebijakan moneter. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank Indonesia untuk mencapai tujuan bank indonesia, yaitu mencapai, menjaga, memelihara serta menstabilkan nilai uang, yang dilakukan dengan cara mengontrol dan mengendalikan jumlah uang yang beredar dan meningkatkan suku bunga.
· Mengatur dan mendorong kelancaran sistem pembayaran dan produksi. Untuk memelihara kelancaaran pemabayaran bank Indonesia bisa mengeluarkan/memproduksi bahkan menarik uang beredar dengan menaikkan suku bunga.

RECENT POSTS

Posted on: July 16, 2020, by :