Berbagai manfaat tomat untuk ibu hamil

Biji-bijian, bayangkan tiga karakteristik ini: Anda mungkin sudah bisa membayangkan apa arti buah itu. Ya, apalagi kalau bukan tomat. Selain dikenal sebagai masker alami, tomat juga tidak kalah bagus untuk memuaskan nutrisi selama kehamilan. Ingin tahu apa manfaat tomat untuk ibu hamil? Lanjutkan membaca ulasan berikut!

Berbagai manfaat tomat untuk ibu hamil

Terlepas dari jenis dan ukuran tomat yang dijual di pasaran, mereka semua menawarkan segudang manfaat yang baik untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan. Berikut ini adalah berbagai manfaat tomat yang tidak boleh dilewatkan selama kehamilan:

tomat adalah manfaat sayuran merah

1. Memiliki berbagai nutrisi penting
Bukan rahasia lagi, tomat adalah salah satu dari banyak buah yang kaya akan vitamin C. Dicoba dalam 100 gram (gr) tomat, mengandung vitamin C hingga 34 miligram (mg). Semakin besar jumlah vitamin C yang ada dalam tubuh, semakin banyak penyerapan zat besi yang diperlukan selama kehamilan.

Vitamin C dalam jumlah tinggi juga membantu kulit, gigi, tulang, dan gusi bayi terbentuk. Tidak hanya itu, tomat juga diisi dengan 1,3 gram protein, 4,7 gram karbohidrat, 0,5 gram lemak, 0,6 mg zat besi, 8 mg kalsium, 77 mg fosfor, dan 2083 mg karoten.

Jika Anda mencari sumber makanan yang dapat meningkatkan energi, tomat bisa menjadi salah satu pilihan terbaik karena kandungan non-kalori.

2. Meningkatkan pencernaan
Seperti buah-buahan lainnya, kandungan serat dalam tomat tidak main-main, sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan. Karena tidak menutup kemungkinan, ada berbagai gangguan lambung atau masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil.

Ada 1,5 gram serat dalam setiap 100 gram tomat. Jumlah serat yang tidak sedikit dapat membantu mempromosikan gerak peristaltik otot-otot pencernaan, menyediakan cairan yang cukup untuk pencernaan makanan, untuk memudahkan pembuangan sisa makanan atau kotoran dari tubuh.

Inilah sebabnya mengapa diyakini bahwa makan tomat selama kehamilan membantu mengatasi sembelit, diare dan mencegah kanker kolorektal.

3. Sumber antioksidan yang baik
Tomat mengandung likopen dalam jumlah tinggi. Lycopene adalah antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Misalnya kanker serviks, kanker prostat, kanker lambung, kanker kerongkongan dan sebagainya.

4. Mencegah masalah kehamilan
Preeklampsia (keracunan karena kehamilan) adalah komplikasi kehamilan yang sering dialami oleh wanita hamil. Gangguan perkembangan plasenta dan peningkatan tekanan darah diperkirakan menyebabkan preeklampsia.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa 164,9 mg potasium yang terkandung dalam 100 gram tomat dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, mengurangi tekanan pada jantung. Akibatnya, hipertensi mungkin menjadi lebih stabil secara perlahan.

Di sisi lain, manfaat tomat untuk wanita hamil lainnya adalah dapat mencegah risiko cacat tabung saraf (anencephaly) dan cacat sumsum tulang belakang saat bayi baru lahir. Kandungan asam folat dalam tomat memainkan peran penting ini.

Karena itu, selain diperoleh dari suplemen dan susu yang dikonsumsi selama kehamilan, asam folat juga bisa didapat dari asupan makanan sehari-hari.

Baca juga :

Posted on: May 9, 2019, by : 9faxj