Berkenalan Dengan Ekologi Perairan

Berkenalan Dengan Ekologi Perairan

Berkenalan Dengan Ekologi Perairan

Berkenalan Dengan Ekologi Perairan
Berkenalan Dengan Ekologi Perairan

Meski perusahaan Apple terkenal begitu menjaga kerahasian tentang produk terbaru

buatannya, akan tetapi banyak kalangan yang terus mencoba menggali informasi tentang perangkat buatan Apple yang belum resmi diluncurkan. Pada akhir tahun 2018 kemarin disebutkan kalau perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah mulai produksi iPad Mini 5.

Kalau memang sudah masuk dalam tahap produksi massal, seharusnya perangkat tidak lama kemudian akan diluncurkan ke publik, namun sampai sekarang Apple belum meluncurkan generasi terbaru iPad mininya. Malahan, kini giliran sejumlah spesifikasi dari tablet tersebut yang diungkap.

Berdasarkan informasi terbaru yang beredar luas di Jagat Maya, telah menyebutkan kalau iPad Mini 5 ini nantinya tidak bakal membawa perubahan yang besar dalam segi desain. Hanya saja untuk tata letak mikrofon perangkat yang awalnya berada di bagian belakang, kini telah mengalami pergeseran menjadi di bagian tengah atas.

Menurut kabar yang telah disampaikan oleh The Verge, iPad Mini 5 bakal dilengkapi dengan port Lightning layaknya iPad Pro terbaru yang telah beredar luas di pasaran untuk pengisian daya dan juga transfer data. Selain itu, perangkat ini diperkirakan juga masih membekali port audio jack 3.5mm untuk memenuhi kebutuhan audio penggunanya.

Selain itu, untuk masalah performa sebelumnya diungkap kalau iPad Mini 5 akan menggunakan chip A10 Fusion atau A10X Fusion. Kalau memang benar, maka kemampuan dari Tablet terbaru Apple ini nantinya bakal memiliki performa yang tidak jauh berbeda dibanding dengan iPad Pro 2018.

Akan tetapi untuk jadwal peluncuran iPad Mini 5 ini masih belum bisa diprediksi sama sekali. Sebab Apple tertutup rapat tentang perangkat Tablet terbarunya ini. Disisi lain, perusahaan asal Cupertino ini sendiri juga sudah lama tidak meluncEkologi perairan merupakan cabang ilmu mengenai lingkungan yang fokus mempelajari interaksi atau hubungan timbal balik antara organisme di perairan dengan lingkungannya. Lingkungan sangat berpengaruh sebab ia memegang peranan dalam menciptakan kenyamana hidup organisme di perairan. Faktor-faktor yang ada di lingkungan adalah faktor fisika mencakup kecerahan, suhu, arus dan lain-lain. Faktor kimia antara lain pH, Do, sementara itu faktor biologi antara lain sifat plankton, substrat dan masih banyak lagi lainnya. Seseorang yang mempelajari ekologi perairan diharapkan bisa dan mampu mengidentifikasi hubungan timbal balik lingkungan dan organisme di perairan.

 

Ekologi perairan ini mencakup banyak lingkup antara lain ekologi perairan tawar

ekologi perairan laut, ekologi perairan kolam, ekologi perairan tambak dan semua ekosistem yang melibatkan air sebagai komponen abiotik. Di dalam ekosistem perairan baik itu tawar, pesisir maupun lautan, ada beragam jasad hidup atau biotik juga abiotik yang tak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Mereka saling terkait dan memungkinkan terjadinya pertukaran zat atau energi di antara kedua komponen tersebut. Hampir 70% bumi ini merupakan wilayah perairan, dengan demikian, mempelajari ekologi perairan adalah hal yang sangat penting sebab dengan mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik tersebut manusia bisa memperoleh manfaat yang optimal dari perairan tersebut.

Ekologi Perairan Tawar

Salah satu bagian dari ekologi perairan adalah air tawar. Hanya sekitar 3% permukaan wilayah bumi yang merupakan air tawar. Sebagian besar terdapat pada area yang beku di dalam glesier juga es yang tenggelam di dalam akuafer. Sementara Perairan tawar didominasi oleh perairan pedalaman. Sementara itu sisanya, terdapat pada wilayah dabau, sungai, kolam dan lain-lain. Salah satu ciri ekologi perairan tawar adalah kadar garam yang sangat rendah. Dalam konteks ekosistem, perairan ini dibagi ke dalam dua bagian yakni air tawar mengalir atau lotik dan air tawar diam atau lentik.

 

Ekologi Perairan Estuari

Contoh lain dari ekologi perairan adalah estuari. Ekologi estuari merupakan wilayah atau habitat berupa percampuran di antara air sungai juga lautan. Ia juga sering dikenal dengan nama perairan muara. Dengan demikian biasa disimpulkan bahwa air yang ada di wilayah ini memiliki salinitas yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan perairan laut terbuka. Perairan estuari didominasi oleh organisme (baik flora maupun fauna) yang bisa beradaptasi dengan kondisi di wilayah tersebut. Estuari ini hanya dihuni oleh beberapa spesies dengan demikian tingkat keanekaragamannya sangat rendah.

Ekologi perairan estuari akan fokus pada pengaruh air pasang dan juga surut sebab kedua hal tersebut memang mempengaruhi kehidupan organisme di wilayah ini. Adapun yang termasuk ke dalam kajian ekologi estuari adalah wilayah muara sungai, rawa pasang surut, telik yang ada di pantai, serta badan air yang berada di area belakang pantai pasir. Adapun biota yang hidup di wilayah estuari ini adalah percampuran antara endemik, yakni organisme yang berasal dari perairan tawar dan juga perairan laut. Saat air tawar dan air laut bercampur maka organisme keduanya juga akan bercampur. Estuari merupakan tempat terbaik untuk memijah beberapa hewan seperti kepiting, udang, tiram dan masih banyak lagi lainnya.rkan iPad Mini. Terakhir adalah iPad Mini 4 yang mana perangkat tersebut telah diluncurkan sejak 4 tahun silam.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

Posted on: April 20, 2019, by : 9faxj