Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar

Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar

Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar

Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar
Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar

 Kejenuhan merupakan masalah semua orang.

Untuk itu kita dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengatasi masalah kejenuhan. Paling tidak dengan bekal pengetahuan yang dimiliki, seseorang bisa terhindar risiko-risiko buruk dibalik kejenuhan.
Ada beberapa prinsip penting yang perlu dipahami

Sebelum kita melangkah mencari solusi-solusi konkret atas problema kejenuhan. Prinsip-prinsip itu merupakan arahan untuk menyikapi kejenuhan secara bijaksana. Secara berurutan prinsip-prinsip tersebut dipaparkan sebagaimana di bawah ini.

1. Perubahan suasana.

Kejenuhan terjadi karena suasana yang berulang-ulang (monoton) maka inti solusi dari problema kejenuhan adalah perubahan suasana. Kita harus mau keluar dari suasana lama yang mengelilingi, lalu masuk ke suasana yang baru yang lebih segar dan dinamis.

2. Kesegaran.

Dengan adanya kesegaran itu, kita merasakan semangat (spirit) yang tinggi. Segala sesuatu yang kaku, monoton dan sejenisnya cenderung tidak disukai, sebab semua itu berpengaruh menurunkan semangat.

3. Berfikir manfaat.

Apapun kesibukan, jika disana, jika disana ada hasil nyata yang diperoleh, seseorang akan memaksakan diri untuk menekuni kesibukan itu. Salah satu penyebab kejenuhan yaitu kemandegan prestasi. Seseorang terus menerus bekerja, tapi tidak mendapat hasil, akhirnya dia pun merasa jenuh. Dia bukan jenuh karena proses, tapi jenuh karena hasil.

4. Melihat kebawah.

Kita jangan memandang diri lebih mulia dari orang lain, sehingga memudahkan alasan kejenuhan. Kita harus mau menengok kebawah. Disana banyak sekali orang-orang yang kurang beruntung. Oleh karena itu, hargailah kesempatan, lalu ambilah masa kejenuhan sekedarnya saja.

5. Rasa tanggung jawab.

Cara efektif untuk mengatasi rasa jenuh adalah dengan memikirkan tanggung-jawab diri.

6.  Merenungi karya besar.

Dengan merenungi karya besar, akan tumbuh energi besar dalam diri kita.

Selain itu, cara mengatasi kejenuhan belajar yaitu sebagai berikut.

1. Belajar dengan metode yang bervariasi. Misalnya dengan membuat ringkasan bahan pelajaran sejak awal semester.
2. Belajar di beberapa tempat yang cukup nyaman seperti ruang tidur, ruang khusus belajar (kalau ada), ruang tamu, di rumah teman untuk belajar bersama, dll.
3. Mengadakan perubahan fisik di ruang belajar
4. Menciptakan suasana yang menyenangkan di ruang belajar. Misalnya belajar sambil mendengar music instrumental yang tenang
5. Melakukan aktifitas rekreasi secara berkala
6. Menghindari adanya ketegangan mental di saat belajar

Melakukan aktifitas meditasi

Untuk menetralisir kejenuhan belajar dan   menetralisir berbagai kondisi mental yang negative lainnya seperti stress, rasa cemas, tidak PD, dan menanamkan kondisi ketenangan sampai ke alam bawah sadar.
Perlu juga diketahui bahwa meditasi bukan hanya bisa menetralisir berbagai kondisi mental yang negative dan menanamkan kondisi ketenangan jiwa, tapi juga bisa mengkondisikan rasa segar dan nyaman pada badan, sehingga semangat beraktifitas dalam kehidupan sehari-hari juga bisa ditingkatkan.  Teks Laporan Hasil Observasi

Posted on: February 18, 2019, by : 9faxj