Kesehatan

KEPALA KENA GERIMIS AJA SAKIT KEPALA ATAU MIGRAIN

KEPALA KENA GERIMIS AJA SAKIT KEPALA ATAU MIGRAIN

Saat hujan-hujanan basah kuyup, kenapa jarang sakit kepala atau migrain ya? Padahal jika rambut kepala kena gerimis dikit aja biasanya segera pusing.

Bagi lebih dari satu orang, penyebab sakit migrain atau sakit kepala itu sanggup dipicu karena perihal sepele. Misalnya kala kembali hujan rintik-rintik lantas kita terpaksa perlu terlihat tempat tinggal dan tidak sempat gunakan payung atau mantel, lantas rambut kita basah sedikit mendadak kepala jadi mulai sakit.

Rasa sakit kepala atau migrain yang mulai pun kadang tidak segera berdenyut hebat. Biasanya terlihat pelan-pelan lantas kala keadaan tubuh tidak begitu enak, tiba-tiba sakit kepala atau migrain jadi semakin kuat hingga bikin malas ngerjain apa-apa.

Gejala seperti ini sesungguhnya sempat dianggap sebagai mitos dulu-dulunya. Dianggap bahwa keadaan rambut yang setengah basah karena kena gerimis lantas sebabkan sakit kepala atau migrain itu cuma sugesti aja. Padahal gejala kayak begini emang sanggup dijelaskan secara medis kok. Ada penjelasannya.

Memang betul, nggak semua orang bakalan merasakan sakit kepala atau migrain kala hujan-hujanan. Bahkan sanggup jadi kala hujan deras kamu nggak kerasa pusing, namun jadi kala kepala cuma kena gerimis, sakit kepala atau migrain jadi kumat.

Ternyata perihal ini disebabkan karena lebih dari satu orang sesungguhnya mempunyai saraf yang berbeda-beda. Secara genetik tersedia yang amat peka, meski tersedia terhitung orang yang biasa aja.

Bagi orang yang amat peka sarafnya, hujan rintik-rintik biasanya cuma sebabkan kepala saja yang basah, namun tubuh tidak basah. Hal ini sebabkan perbedaan suhu kepala secara tiba-tiba yang amat berlainan ketimbang tubuh.

Perubahan suhu kepala yang tiba-tiba itulah yang bikin hormon serotonin di otak jadi nggak imbang. Ketika tubuh tetap anget-anget aja, ternyata kepala kita jadi amat dingin. Oleh karena itu otak jadi bereaksi berlebihan untuk beradaptasi dengan suhu di kurang lebih sehingga bikin sakit kepala atau migrain.

Hal inilah yang bikin orang jadi jarang merasakan sakit kepala atau migrain justru kala tekad hujan-hujanan. Alias main basah-basah sekalian. Sebab, keadaan suhu antara yang di kepala dengan yang di tubuh cenderung nggak berlainan drastis. Jadi otak terhitung nggak mulai kaget-kaget amat.

Sebenarnya baik hujan deras mau pun gerimis itu berpotensi bikin sakit kepala atau migrain sih. Cuma kebiasaan-kebiasaan usai hujan deras dengan gerimis itu beda. Jika habis hujan-hujanan, orang cenderung bakal segera mandi dan tukar baju, jadi suhu tubuh senantiasa terkontrol dengan baik.

Ini kebiasaan yang berlainan dengan orang yang cuma kena gerimis. Karena dianggap nggak basah-basah amat, selanjutnya orang jadi cenderung melewatkan rambut dan tubuh kering dengan sendirinya. Pada akhirnya, tubuh jadi ikut lemah karena pakaian dan rambutmu tetap menyimpan “hawa” dingin dari hujan. Suhu tubuh pun jadi ikut turun pelan-pelan. Sakit deh akhirnya.

Nah, bikin kamu yang kerap merasakan sakit kepala atau migrain karena kena gerimis, tersedia baiknya kamu melaksanakan lebih dari satu perihal ini sehingga nggak keseringan merasakan sakit.

Misalnya, kamu sanggup gunakan jaket yang tersedia tudungnya, atau gunakan barang apa pun untuk menutupi anggota kepalamu. Ingat ya, lebih baik tubuhmu yang basah ketimbang kepalamu dulu. Sebab kepala merupakan hardware yang paling perlu di dalam tubuhmu. Di sana tersedia kenangan dengan mantan dan kenangan-kenangan indah dengannya.

Kalau andaikata rambutmu telah cukup kena gerimis, lebih baik segera mandi lanjut keramas. Apalagi jika rasa sakit telah mulai terlihat cekit-cekit. Gunakan kebiasaan jika kamu terhitung sesungguhnya habis hujan-hujanan terhitung meski pun cuma kecipratan dikit-dikit dan rambut basah.

Sumber : https://penjaskes.co.id/

Baca Juga :

TIPS SEDERHANA MENGATASI NYERI PUNGGUNG UNTUK IBU HAMIL

TIPS SEDERHANA MENGATASI NYERI PUNGGUNG UNTUK IBU HAMIL

Jika Anda adalah seorang wanita yang sedang hamil dan mengalami nyeri punggung, tak mesti risau bagaimana langkah mengatasi nyeri punggung sementara hamil. Karena nyeri punggung sementara hamil mampu jadi tandanya bahwa janin dalam rahim Anda sedang tumbuh dan berkembang. Semakin janin makin tambah besar, maka beban terhadap bagian punggung Anda akan semakin besar. Sehingga Anda berkemungkinan merasakan nyeri terhadap bagian tulang punggung Anda.

Penyebab Nyeri Punggung Saat Hamil
Nyeri punggung sementara hamil kebanyakan berjalan sementara tulang panggul bersua dengan bagian tulang belakang, yakni di sendi sacroiliac. Rasa nyeri ini menjadi saat Anda membungkukkan badan, memakai dan membuka baju, bangun berasal dari tempat tidur, atau saat berdiri berasal dari posisi duduk. Sebelum memahami lebih lanjut mengenai bagaimana langkah mengatasi nyeri punggung sementara hamil. Ada beberapa perihal yang mengakibatkan terjadinya nyeri punggung sementara hamil. Berikut penjelasannya.

Bertambahnya Berat Badan

Ibu hamil kebanyakan mengalami bertambahnya berat badan, sehingga beban yang ditanggung oleh tulang terhadap punggung pun semakin berat. Akibatnya akan berjalan nyeri punggung.

Perubahan Postur Tubuh

Tanpa disadari, sepanjang hamil postur tubuh perlahan akan beralih sebab titik berat tubuh Anda termasuk berubah. Hal ini mampu mengakibatkan nyeri punggung akibat ketidakseimbangan berat badan.

Perubahan Hormon

Ketika hamil, tubuh Anda mengolah hormon relaxin yang terlalu mungkin ligamen (jaringan kuncir yang menghubungkan tulang dan sendi) jadi longgar. Sehingga keseimbangan tubuh terganggu dan mengakibatkan nyeri punggung.

Pemisahan Pada Otot

Otot yang berada terhadap tulang rusuk hingga tulang kemaluan barangkali terpisah akibat pembesaran rahim, sehingga mampu mengakibatkan nyeri punggung.

Stres

Ketika stress, otot di punggung mengalami ketegangan, sehingga punggung akan menjadi nyeri.

Cara Mencegah Nyeri Punggung Saat Hamil
Ada pepatah yang menyatakan bahwa menghindar lebih baik daripada mengobati. Hal ini termasuk berlaku terhadap ibu hamil. Nyeri punggung sebenarnya biasa dialami oleh mayoritas ibu hamil. Namun, tidak benar terkecuali membiarkannya berjalan begitu saja. Ada beberapa langkah yang mampu ditunaikan sebagai usaha dalam menghindar terjadinya nyeri punggung sementara hamil. Berikut caranya.

Istirahat yang cukup
Rutin berolahraga ringan
Hindari mengangkat beban yang berat
Jangan berlama-lama terhadap satu posisi
Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk
Pakailah sepatu yang datar sehingga penyebaran berat badan merata
Jika membawa beban, sebaiknya bagilah secara rata terhadap kedua tangan
Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil
Nyeri punggung yang dialami oleh ibu hamil mampu menjadi gampang dan mereda dengan sendirinya. Namun, sering kadang nyeri punggung ini mampu jadi kronis dan menjadi benar-benar menyakitkan, bahkan terkecuali tidak segera diatasi. Untuk itu, terkecuali Anda sementara ini mengalami nyeri punggung sebab kehamilan, Anda mampu meredakannya dengan melakukan beberapa langkah selanjutnya ini.

Memijat Punggung

Mintalah pasangan Anda untuk memijat lembut semua bagian punggung menjadi berasal dari leher hingga pinggang. Pijatan yang lembut mampu meredakan rasa lelah, sakit otot, maupun nyeri punggung.

Melakukan Olahraga

Anda benar-benar dianjurkan untuk rutin berolahraga dengan gerakan yang ringan. Sebab, olahraga mampu memperkuat dan menaikkan fleksibilitas otot, sehingga tekanan terhadap tulang punggung akan berkurang. Kegiatan olahraga yang aman sementara hamil adalah dengan berjalan kaki, berenang dan memakai sepeda statis.

Memperbaiki Postur Tubuh

Saat hamil, otot-otot terhadap semua tubuh gampang jadi tegang. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk melindungi postur tubuh sepanjang beraktivitas maupun tidur. Misalnya, sementara duduk, letakkan bantal di belakang punggung sehingga mampu menyokong tulang punggung Anda. Atau sementara tidur, posisikan tubuh secara miring dan letakkan bantal satu diantara lutut sehingga mampu kurangi stres terhadap punggung.

Kompres Punggung dengan Air Dingin dan Panas

Mengompres punggung dengan air dingin dan panas termasuk termasuk langkah mengatasi nyeri punggung sementara hamil. Caranya, manfaatkan handuk yang memuat es batu dan kompres punggung sepanjang 20menit/hari. Setelah rutin melakukannya sepanjang 3 hari, gantilah dengan menempelkan botol memuat air panas terhadap punggung yang sakit sepanjang 20menit/hari. Lakukan kompres panas selanjutnya sepanjang 3 hari sehingga nyeri punggungmu mampu mereda.

Baca Juga :

Tips Menjaga Tulang Belakang

Tips Menjaga Tulang Belakang

Tips Menjaga Tulang Belakang
Tips Menjaga Tulang Belakang

Salah satu bagian tubuh yang sering kali diabaikan kesehatannya adalah tulang punggung. Padahal, di bagian inilah terdapat segala pusat saraf yang menghubungkan bagian-bagian tubuh dengan otak. Sadarkah Anda bahwa setiap kegiatan dan aktivitas yang salah bisa menyakiti tulang belakang kita? Melakukan aktivitas untuk menjaga tulang belakang tetap bagus tak hanya berguna untuk kebaikan dan kesehatan, tetapi juga untuk menjaga postur tubuh tegak dan sehat. Berikut adalah tips untuk menjaga postur untuk menjaga tulang belakang Anda.

1. Ketika akan mengangkat barang atau bayi dari lantai, tekuk lutut Anda, jangan membungkuk. Ketika Anda membungkuk dan mengangkat barang berat dari lantai, hal ini bisa menyakiti dan membebani tulang punggung dengan beban terberat. Salah-salah, malah bisa terjadi kram atau dislokasi. Ketika akan mengangkat barang berat dari lantai, usahakan untuk menjaga tulang belakang tetap lurus. Tekuk kaki Anda untuk menyejajarkan diri dengan barang tersebut. Angkat barang tersebut dekat dengan tubuh, lalu perlahan berdiri kembali.

2. Begitu pula ketika Anda akan menaruh barang berat ke tempat yang tingginya di atas kepala Anda, usahakan jangan mengangkat barang tersebut lebih tinggi dari pundak Anda. Jika Anda akan menyimpan barang berat di tempat yang tinggi, gunakan tangga atau kursi. Mengangkat beban berat di atas batas pundak Anda bisa menyebabkan tulang belakang mendapat tekanan yang sangat besar.

3. Ganti posisi sesering mungkin jika Anda harus berdiri dalam waktu lama. Misalnya saat Anda berdiri sambil menyetrika baju, gunakan dingklik atau kursi kecil untuk menaruh kaki Anda bergantian. Ini perlu untuk menyeimbangkan dan mengganti tumpuan berat badan. Berdirilah tegak, jangan membungkuk dengan kepala tegak.

4. Berjalanlah dengan tegak, dengan kepala menatap ke depan dan punggung lurus. Berjalanlah dengan postur tegak, pandangan ke depan, dan ujung-ujung kaki menunjuk ke lurus ke depan. Gunakan sepatu yang nyaman dan berhak tipis. Hindari berdiri dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Jangan berjalan membungkuk, hindari menggunakan sepatu berhak tinggi dalam waktu lama.

5. Ketika di dalam mobil, duduklah tegak, majukan tempat duduk pengendara agar kaki Anda lebih dekat dengan pedal. Usahakan kedua lutut Anda sejajar dengan pinggul. Sokong punggung bagian bawah dengan handuk gulung atau penyokong tulang belakang khusus. Jangan duduk terlalu jauh dari setir. Perhatikan kaki Anda ketika menginjak pedal. Jika terlalu jauh, dekatkan, karena ketika otot kaki tiba-tiba meregang tanpa pemanasan bisa menyebabkan kram dan tekanan di tulang punggung.

6. Saat duduk di depan komputer atau di depan televisi yang biasanya akan berlangsung lama, pastikan paha Anda sejajar dengan lantai, jangan sampai kaki menekuk terlalu tinggi (berarti lutut Anda lebih tinggi dari paha) atau kaki Anda menggantung jauh dari lantai. Biarkan kedua telapak kaki Anda rata di lantai dan punggung Anda mendapatkan dukungan dari belakang kursi. Untuk lebih amannya, berikan gulungan handuk di bagian punggung bawah. Pastikan pandangan Anda lurus ke depan, tidak menunduk atau melihat ke atas. Posisi yang tak nyaman dalam waktu lama bisa menyebabkan kram otot.

7. Saat tidur, manusia memang memiliki kebiasaan dan posisi nyamannya masing-masing. Namun, untuk menjaga agar tulang punggung tetap baik, pastikan tempat tidurnya cukup keras dan rata. Ketika tidur dengan posisi menyamping, tekuk sedikit lutut, biarkan kedua lutut tersebut bertumpukan. Jika Anda tidur telentang, berikan bantal kecil di bawah lutut. Hindari tidur telungkup, karena ini bisa menyakiti tulang belakang Anda. Hindari tidur di media yang terlalu lembut, seperti sofa, karena hal ini tidak bisa menyokong tulang punggung.

Sumber : https://sorastudio.id/

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk mengobati bahan dasar untuk produk kecantikan adalah lidah buaya. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya sering digunakan untuk perawatan dan kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk kesehatan wajah, rambut, dan tubuh Anda lainnya.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Sebelum menjelaskan manfaat lidah buaya untuk rambut, wajah dan kecantikan, perhatikan bahwa lidah buaya mengandung glukosa, antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, dan vitamin A, B, C, E, dan asam folat. Selain itu, Aloe Vera memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-inflamasi alami dan mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial.

Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan termasuk:

1. Lembabkan kulit
Diyakini bahwa manfaat lidah buaya untuk wajah membantu melembabkan tanpa meninggalkan kulit berminyak. Karena itu, jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai pelembab.

2. Berdandan bekas jerawat
Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Tidak hanya itu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan juga bisa merangsang pertumbuhan sel-sel baru, sehingga kulit lebih cepat sembuh dan alami. Untuk alasan ini, diyakini bahwa sifat lidah buaya untuk wajah membantu dalam menyembuhkan jerawat.

3. Mengatasi penuaan dini
Seiring bertambahnya usia, kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan hilangnya kelenturan kulit. Aloe Vera kaya akan beta-karoten, vitamin C dan E, yang dapat membantu mengencangkan dan melembabkan kulit.

Nutrisi dan elemen pelembab alami di lidah buaya meningkatkan produksi kolagen, memperkuat kulit dan mencegah keriput.

Antioksidan dalam gel melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Salah satu manfaat lidah buaya yang paling menarik mungkin adalah kemampuan untuk mencegah dan bahkan memperlambat penuaan, membuat kulit tampak lebih muda.

4. Pengurangan tampilan stretch mark
Jika kulit mengembang terlalu banyak, baik karena kehamilan atau penurunan berat badan yang berlebihan atau penambahan berat badan, tanda-tanda peregangan mungkin muncul pada kulit. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang bisa didapat adalah membantu Anda mengurangi stretch mark.

5. Mencerahkan kulit
Munculnya flek hitam pada wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan, stres, genetika, atau kerusakan akibat radikal bebas dari waktu ke waktu.

Kulit yang terbakar sinar matahari dapat diobati secara alami dengan lidah buaya. Hal yang sama berlaku untuk bintik-bintik hitam di wajah. Lidah buaya bertindak sebagai exfoliant alami yang menghilangkan kelebihan sel kulit. Manfaat lidah buaya untuk wajah juga memiliki efek mengurangi pigmentasi dan membuat kulit bercahaya dan bercahaya.

Jika Anda hamil, flek atau noda hitam adalah sesuatu yang biasa dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa menggunakan gel lidah buaya untuk menyembunyikan flek hitam, yang pada gilirannya membuat kulit tampak bercahaya.

6. Bersihkan riasan
Kita semua tahu betapa pentingnya untuk membersihkan make-up atau make-up sebelum tidur. Kulit wajah di sekitar mata sangat halus. Jika tidak dibersihkan, dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi.

Tidak heran kalau begitu, Aloe Vera Gel bisa menjadi pembersih make-up yang cantik untuk wajah karena dapat membersihkan dengan lembut dan alami. Ini adalah cara yang aman dan efektif untuk menyegarkan wajah.

7. Melembutkan kulit
Ingat, lidah buaya tidak hanya baik untuk wajah, tanaman bergizi ini juga bisa merawat kulit dari kepala hingga ujung kaki. Sandal musim panas yang hangat dan panjang dapat membuat kulit terasa kasar, kering, dan pecah-pecah. Aloe Vera memiliki efek pelunakan luar biasa pada kulit dan dapat membantu dalam perbaikan kulit yang pecah-pecah.

8. Sembuhkan luka bakar
Tidak banyak obat yang bisa menghilangkan rasa gatal dan kelembutan terbakar seperti lidah buaya. Ini disebabkan oleh sifat pelembab alami dan antioksidan tingkat tinggi yang melindungi dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif untuk luka bakar.

Baca Juga :

Klorin di kolam menyebabkan iritasi mata

Tahukah Anda bahwa klorin yang ditambahkan di kolam renang bila dicampur dengan air seni, keringat dan sebagainya dapat membuat mata Anda memerah? Baik atlet dan orang biasa sering memiliki mata merah setelah berenang. Untuk terus mengulang, pertimbangkan cara mencegah mata merah setelah berenang di bawah.

Klorin di kolam menyebabkan iritasi mata

mengatasi kram saraf
Klorin pada dasarnya dicampur di kolam renang untuk mencegah penyebaran kuman dan wabah.

Namun, klorin yang dicampur dengan cairan tubuh seperti urine, keringat, sel-sel kulit, deodoran yang menempel di tubuh atau sisa make up pada tubuh akan menimbulkan beberapa masalah, seperti:

Kurangi jumlah klorin yang tersedia untuk membunuh kuman
Siapkan iritasi yang disebut kloramin
Kloramin diduga sebagai faktor risiko timbulnya mata merah setelah berenang.

Bagaimana mencegah iritasi mata merah setelah berenang?
1. Gunakan kacamata renang
pentingnya memakai kacamata renang
Kacamata renang adalah alat yang sebenarnya sangat dianjurkan untuk digunakan saat berenang. Anda juga dapat melihat dengan jelas di dalam air, kacamata renang dapat mencegah iritasi mata saat Anda selesai berenang.

Ini karena kacamata renang dirancang untuk melindungi mata Anda dari zat yang mengiritasi, seperti kloramin.

2. Cuci mata Anda
Setelah berenang, cobalah mencuci mata. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan air ledeng dan dengan mata tertutup.

Metode ini biasanya cukup kuat untuk membilas berbagai senyawa kimia yang menempel di mata.

3. Gunakan obat tetes mata
bahaya menggunakan obat tetes mata steroid
Sebelum memasukkan air, coba gunakan tetes mata atau gas air mata sehingga cairan di mata Anda tetap seimbang dan membuat mata Anda lebih nyaman.

Juga digunakan untuk menggunakan obat setelah berenang untuk menghindari iritasi mata merah karena kloramin.

4. Minumlah banyak air
air minum menghilangkan batu ginjal
Salah satu penyebab kemerahan pada mata setelah berenang adalah tubuh tanpa cairan. Karena itu, minum banyak air sebelum dan sesudah berenang adalah langkah cerdas untuk menjaga agar mata Anda tetap lembab.

Selain keempat saran tersebut, ada cara lain untuk mencegah iritasi mata (mata merah), yaitu:

Hindari buang air kecil atau besar di kolam renang.
Jika mendesak, keluarlah dari kolam dan pergi ke kamar mandi.
Cuci tubuh sebelum memasukkan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel di tubuh.
Gunakan topi mandi atau tutup kepala untuk perenang
Mencuci mata setelah berenang dapat mengobati mata merah
cuci tangan Anda dengan air panas dan dingin
Jika setelah mengikuti langkah-langkah di atas dan mata Anda tetap merah setelah berenang, Anda mungkin perlu mengobatinya.

Seperti dilansir dari American Optometric Association, membilas mata secara menyeluruh dengan air hangat membantu menghilangkan iritasi pada permukaan mata.

Selain itu, Anda juga bisa mengompres mata Anda dengan kompres dingin untuk mengurangi peradangan dan iritasi. Pada akhirnya, coba gunakan tetes mata untuk mengurangi rasa gatal dan terbakar di mata.

Namun, jika Anda mengalami gejala komplikasi berikut, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda.

Iritasi dan mata merah yang mengeluarkan nanah
Tampilan terganggu dan kabur selama beberapa jam

Baca Juga :

Efek samping Diabetes Yang makan tidak teratur

Makan secara teratur adalah wajib untuk semua orang. Terutama bagi penderita diabetes mellitus. Sangat penting bagi Anda untuk merencanakan jam berapa Anda akan makan dan memiliki makanan ringan dan Anda akan mematuhi program itu. Nah, apakah Anda sudah tahu apa yang akan terjadi bila penderita diabetes makan secara tidak teratur? Lihatlah ulasan di bawah ini.

Efek samping Diabetes Yang makan tidak teratur

1. Makan makanan yang kaya kalori
daftar makanan nol kalori
Terkadang ketika orang terlalu sibuk, terlalu stres atau terlalu lelah mereka makan secara tidak teratur. Dilansir dari laman kesehatan harian, menurut Adina Pearson RD, ahli gizi klinis, ketika penderita diabetes makan secara tidak teratur, Anda akan lebih rentan mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang tidak dianjurkan.

Juga, ketika Anda akhirnya makan, Anda juga cenderung makan dengan cepat, jadi jangan sadar bahwa perut Anda sudah kenyang. Karena itu, menurut Adina Pearson, jangan pernah melewatkan waktu makan. Ini termasuk makanan ringan atau jus minum yang telah disiapkan.

2. Mudah lelah
menyebabkan kelelahan
Ketika Anda melewatkan makan, tubuh akan lapar. Nah, rasa lapar ini bisa membuat orang cepat lelah. Ketika tubuh tidak menerima nutrisi dari makanan pada waktunya, sel-sel tubuh akibatnya tidak mendapatkan energi yang harus mereka gunakan untuk mempertahankan semua fungsi tubuh. Karena kehabisan energi diperlukan, tubuh menggunakan cadangan energi tubuh. Tanpa diisi ulang, Anda akan merasa lelah.

Pada kenyataannya setiap orang bisa menahan lapar atau terkadang tidak kelaparan. Namun, ketika saatnya makan, Anda harus tetap makan. Alasannya adalah bahwa ketika Anda melewatkan makan, apa yang terjadi dalam tubuh adalah penurunan gula darah secara drastis.

Pengurangan ini sangat berbahaya dan akan menyebabkan komplikasi. Karena itu, keakuratan waktu makan sangat diperlukan bagi penderita diabetes untuk menjaga kondisi mereka stabil.

3. Tidak hanya lelah, Anda bisa mengalami “bongking”
mual, muntah disertai demam
Bongking adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami pengurangan energi secara drastis karena kadar gula darah yang rendah. Ini sangat mungkin terjadi ketika penderita diabetes makan secara tidak teratur. Tanda-tanda membungkuk adalah pusing, mual dan gemetar.

Saat Anda makan, glukosa dari sumber makanan karbohidrat akan tersedia di dalam tubuh sehingga bisa digunakan oleh sel-sel tubuh. Namun, tanpa mengisi tubuh dengan glukosa, tubuh akan kekurangan bahan bakar. Akhirnya, mau tidak mau, tubuh akan membakar lemak alih-alih glukosa sebagai bahan bakar.

Karena pembakaran lemak dalam skala besar, zat asam ketonat akhirnya terakumulasi dalam tubuh. Perubahan dalam penggunaan sumber energi ini akhirnya menyebabkan otot mengalami kelelahan ekstrem selama aktivitas fisik.

4. Jadi tidak fokus
api tetap
Faktanya, apakah Anda menderita diabetes atau tidak, otak membutuhkan glukosa dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Melewatkan makan berarti mengurangi glukosa yang dibutuhkan otak untuk berfungsi dengan baik. Karena itu, diet yang tidak teratur juga akan membuat otak bekerja untuk mempertahankan konsentrasi dan konsentrasi, mengingat dan berpikir logis berkurang.

5. Menambah berat badan
menurunkan berat badan
Penelitian dalam Journal of Nutritional Biokimia telah menemukan bahwa melewatkan makan untuk mengurangi asupan kalori sebenarnya meningkatkan insulin dan gula darah, yang pada gilirannya meningkatkan berat badan.

Penderita diabetes harus menjaga berat badan ideal. Karena itu, Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK) memperingatkan penderita diabetes untuk selalu menjaga berat badan normal.

Kelebihan berat badan atau obesitas memiliki efek yang sangat merusak kadar gula darah. Ketika stabilitas kadar gula darah semakin terganggu karena kondisi kelebihan berat badan, risiko komplikasi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke juga lebih tinggi.

Selain itu, jika Anda sering melewatkan waktu makan, tubuh Anda menjadi kurang waspada dalam mengatur respons lapar dan respons efektif terhadap kenyang.

Adina Pearson, RD menambahkan, berhati-hatilah ketika Anda tidak lapar, bahkan jika sudah waktunya makan. Tidak lapar bukan berarti tubuh Anda tidak perlu makan. Ketika Anda menuruti tidak makan, nafsu makan Anda akan tampak berlebih sehingga bisa membalas dendam dengan makan sebanyak mungkin. Inilah yang kemudian membuat Anda gemuk.

6. Obat diabetes tidak bekerja
obat penghilang rasa sakit menyebabkan sakit perut
Ketika penderita diabetes melewatkan makan, ini juga akan berdampak pada obat yang digunakan. Apakah obat melalui mulut atau obat injeksi.

Obat diabetes pada dasarnya harus digunakan sesuai dengan program makanan yang konsisten. Ketika Anda melewatkan makan, ini akan mengganggu fungsi obat yang masuk. Apalagi jika Anda menggunakan obat diabetes yang berfungsi mengurangi gula

Baca juga :

Berbagai manfaat tomat untuk ibu hamil

Biji-bijian, bayangkan tiga karakteristik ini: Anda mungkin sudah bisa membayangkan apa arti buah itu. Ya, apalagi kalau bukan tomat. Selain dikenal sebagai masker alami, tomat juga tidak kalah bagus untuk memuaskan nutrisi selama kehamilan. Ingin tahu apa manfaat tomat untuk ibu hamil? Lanjutkan membaca ulasan berikut!

Berbagai manfaat tomat untuk ibu hamil

Terlepas dari jenis dan ukuran tomat yang dijual di pasaran, mereka semua menawarkan segudang manfaat yang baik untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan. Berikut ini adalah berbagai manfaat tomat yang tidak boleh dilewatkan selama kehamilan:

tomat adalah manfaat sayuran merah

1. Memiliki berbagai nutrisi penting
Bukan rahasia lagi, tomat adalah salah satu dari banyak buah yang kaya akan vitamin C. Dicoba dalam 100 gram (gr) tomat, mengandung vitamin C hingga 34 miligram (mg). Semakin besar jumlah vitamin C yang ada dalam tubuh, semakin banyak penyerapan zat besi yang diperlukan selama kehamilan.

Vitamin C dalam jumlah tinggi juga membantu kulit, gigi, tulang, dan gusi bayi terbentuk. Tidak hanya itu, tomat juga diisi dengan 1,3 gram protein, 4,7 gram karbohidrat, 0,5 gram lemak, 0,6 mg zat besi, 8 mg kalsium, 77 mg fosfor, dan 2083 mg karoten.

Jika Anda mencari sumber makanan yang dapat meningkatkan energi, tomat bisa menjadi salah satu pilihan terbaik karena kandungan non-kalori.

2. Meningkatkan pencernaan
Seperti buah-buahan lainnya, kandungan serat dalam tomat tidak main-main, sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan. Karena tidak menutup kemungkinan, ada berbagai gangguan lambung atau masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil.

Ada 1,5 gram serat dalam setiap 100 gram tomat. Jumlah serat yang tidak sedikit dapat membantu mempromosikan gerak peristaltik otot-otot pencernaan, menyediakan cairan yang cukup untuk pencernaan makanan, untuk memudahkan pembuangan sisa makanan atau kotoran dari tubuh.

Inilah sebabnya mengapa diyakini bahwa makan tomat selama kehamilan membantu mengatasi sembelit, diare dan mencegah kanker kolorektal.

3. Sumber antioksidan yang baik
Tomat mengandung likopen dalam jumlah tinggi. Lycopene adalah antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Misalnya kanker serviks, kanker prostat, kanker lambung, kanker kerongkongan dan sebagainya.

4. Mencegah masalah kehamilan
Preeklampsia (keracunan karena kehamilan) adalah komplikasi kehamilan yang sering dialami oleh wanita hamil. Gangguan perkembangan plasenta dan peningkatan tekanan darah diperkirakan menyebabkan preeklampsia.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa 164,9 mg potasium yang terkandung dalam 100 gram tomat dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, mengurangi tekanan pada jantung. Akibatnya, hipertensi mungkin menjadi lebih stabil secara perlahan.

Di sisi lain, manfaat tomat untuk wanita hamil lainnya adalah dapat mencegah risiko cacat tabung saraf (anencephaly) dan cacat sumsum tulang belakang saat bayi baru lahir. Kandungan asam folat dalam tomat memainkan peran penting ini.

Karena itu, selain diperoleh dari suplemen dan susu yang dikonsumsi selama kehamilan, asam folat juga bisa didapat dari asupan makanan sehari-hari.

Baca juga :

Nutrisi dibutuhkan saat sahur

Apakah bulan puasa Anda penuh dengan kegiatan? Bagaimana Anda bisa menyiapkan sahur yang lezat dan bergizi? Jangan khawatir. Anda bisa memasak sahur dengan menu yang mudah disiapkan, lezat, penuh nutrisi, dan memenuhi Anda sepanjang hari. Ya, Anda bisa menyiapkan smoothies untuk sahur.

Sahur dengan menu smoothie sangat praktis. Tidak perlu khawatir tentang memasak dan Anda hanya perlu beberapa menit untuk memadukan smoothie favorit Anda. Anda juga bisa menyiapkan bahan-bahannya sebelum tidur.

Nutrisi dibutuhkan saat sahur

Banyak orang enggan menyiapkan shake untuk sahur karena takut tidak puas. Faktanya, segelas smoothie kental dan padat kaya akan nutrisi yang bisa membuat Anda kenyang sepanjang hari. Rasa kenyang juga lebih tahan lama dibanding sahur dengan menu nasi goreng.

Untuk membuatnya bertahan lebih lama dan Anda tidak kekurangan nutrisi sepanjang hari, berikut adalah daftar nutrisi yang harus dipenuhi saat fajar.

Karbohidrat kompleks Misalnya dari buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.
Serat. Misalnya dari sayuran, sereal, buah dan biji-bijian.
Protein. Misalnya dari yogurt, susu sapi dan susu kedelai.
Vitamin dan mineral. Misalnya dari buah dan sayur.
Lemak tak jenuh misalnya dari kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

Resep smoothie untuk sahur

Sebagai varian menu sahur Anda dan keluarga, Anda dapat mencoba menyiapkan berbagai sahur shake di rumah. Tujuh resep shake berikut ini dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi Anda untuk sahur.
1. Smoothie jagung dan susu kedelai

Bahan yang diperlukan:

Secangkir susu kedelai dingin
Setengah cangkir sereal jagung (corn flakes)
Pisang Ambon yang sudah beku di lemari es
Setengah cangkir stroberi
Es batu yang memadai

Bagaimana melakukan:

Campur semua bahan dalam blender dan menghancurkan untuk mencampur, yaitu sekitar satu menit. Sajikan dingin.
2. Smoothie oatmeal dan pisang
Sumber: www.bellabeat.com

Bahan yang diperlukan:

Setengah cangkir gandum utuh (oatmeal)
Secangkir almond atau susu sapi
Satu Pisang Ambon
Dua sendok makan madu
Seperempat sendok teh bubuk kayu manis

Bagaimana melakukan:

Campur biji-bijian, susu, pisang dan madu dalam blender dan hancurkan untuk menghancurkannya. Tuang ke dalam gelas dan taburi bubuk kayu manis. Sajikan dingin.
3. Smoothie sayur dan apel
Sumber: www.bettycrocker.com/

Bahan yang diperlukan:

  • 125 ml jus jeruk (dapat diganti dengan air kelapa murni)
    Secangkir daun bayam
    Secangkir mentimun yang diiris tipis
    ¾ cangkir daun seledri
    Sebuah apel merah (sekitar 200 gram) yang telah dipotong-potong
    Es batu yang memadai

Bagaimana melakukan:

Campur semua bahan dalam blender dan hancurkan untuk menghancurkan mereka. Sajikan dingin.
4. Smoothies oatmeal dan selai kacang
Sumber: www.silk.com

Bahan yang diperlukan:

  • Dua sendok makan selai kacang
    Pisang Ambon dibekukan di lemari es
    Seperempat cangkir gandum utuh (gandum)
    Setengah cangkir susu sapi atau kedelai
    Seperempat sendok teh bubuk kayu manis

Bagaimana melakukan:

Campurkan semua bahan dalam blender dan hancurkan untuk menghancurkan mereka, yaitu sekitar dua menit. Tuang ke dalam gelas dan taburi bubuk kayu manis. Sajikan dingin.
5. Smoothie jahe pepaya
Sumber: www.rotinrice.com

Bahan yang diperlukan:

  • Buah pepaya california kecil atau sedang
    Setengah cangkir yogurt
    Dua sendok makan jus lemon
    Setengah sendok madu
    Setengah sendok makan jahe kupas
    Es batu yang memadai

baca juga :

 

Jenis kanker yang menyebabkan kulit gatal

Setiap orang sering merasa gatal di beberapa bagian tubuhnya. Area kulit biasanya yang mengalami kondisi tersebut. Gatal dan gatal membuat Anda ingin menggaruk kulit Anda.

Ada banyak penyebab gatal pada kulit. Kondisi yang paling umum adalah reaksi yang disebabkan oleh digigit serangga atau terkena bulu ulat. Gatal juga bisa disebabkan oleh paparan bahan kimia. Lebih buruk lagi, disebutkan bahwa gatal adalah tanda kanker. Kanan?

Jenis kanker yang menyebabkan kulit gatal

Tidak semua kanker menyebabkan kulit gatal. Hanya sedikit yang dapat menyebabkan kondisi ini. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Johns Hopkins Health System pada 16.000 orang, setidaknya ada lima jenis kanker yang menyebabkan rasa gatal.

Kanker kulit

Kanker kulit adalah jenis kanker yang dapat menyebabkan gatal di daerah di mana karsinogen sel berkembang biak. Kanker kulit biasanya tumbuh lambat dan akhirnya hanya muncul ketika kondisi kulit berubah. Misalnya, perubahannya lebih gelap, kemerahan dan sangat gatal.

Kanker kulit mungkin tidak berbahaya seperti jenis kanker lainnya. Namun, perubahan kulit menjadi gatal yang berlebihan dapat menyebabkan masalah serius. Sangat serius jika Anda merasa menderita kanker kulit. Adalah baik untuk minum obat segera.

Kanker pankreas

Kanker pankreas disebabkan oleh masuknya radikal bebas dengan kaki dan terjadi di sana. Selain itu, kondisi diabetes yang parah juga dapat menyebabkan kanker yang menyebabkan kerusakan fungsi hormonal dan juga menyebabkan gatal.

Gatal ini muncul kurang lebih karena ada bahan kimia di saluran pencernaan karena penyumbatan empedu. Akibatnya, tubuh akan sering mengalami gatal-gatal, terutama pada beberapa bagian kulit, bahkan jika tidak terkena bahan kimia eksternal atau digigit nyamuk.

Limfoma

Limfoma adalah jenis kanker darah yang terutama menyebabkan rasa gatal pada kulit. Gatal terjadi pada kulit karena bahan kimia dilepaskan dalam tubuh dan menyebabkan rasa gatal dan nyeri ringan.

Gatal sedikit lebih sulit karena berasal dari kulit. Jika Anda memiliki serangga gatal, Anda dapat menggunakan minyak angin. Namun, jika gatal disebabkan oleh masalah kanker, perawatan menjadi sangat sulit.

Kanker hati

Kanker hati menyebabkan gatal-gatal pada kulit dan organ di sekitarnya. Hati bertanggung jawab untuk menangani racun dan mengeluarkannya dari tubuh. Ketika kanker hati terjadi, racun dalam tubuh menyebar dengan mudah.

Salah satu efek dari penyebaran racun adalah bahwa racun itu sangat kuat atau gatal yang kadang muncul. Gatal karena kanker biasanya cukup sulit untuk melihat kebenarannya. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan melakukan inspeksi.

Kanker empedu

Empedu adalah organ yang memproduksi cairan untuk membantu pencernaan. Jika Anda memiliki kanker di kantong empedu dan alurnya, Anda tidak dapat menyingkirkan empedu. Akibatnya, tubuh sering menjadi gatal dan pencernaan terganggu.

Jika Anda sering mengalami masalah saluran pencernaan dan gatal-gatal yang menyakitkan di perut, kanker lebih mungkin terjadi di hati dan empedu.
Perawatan kanker itu menyebabkan gatal-gatal

Selain itu kanker yang menyebabkan gatal. Beberapa jenis perawatan kanker juga dapat menyebabkan gatal. Ini memiliki beberapa jenis obat yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

  • Kemoterapi dilakukan berkali-kali
    Terapi radiasi
    Bortezomib (Velcade)
    Ibrutinib (Imbruvica)
    interferon
    Rituximab (Rituxan, MabThera)

Beberapa jenis obat untuk terapi hormon berikut ini dapat menyebabkan pruritus, terutama bagi penderita kanker payudara

  • Anastrozole (Arimidex)
    Exemestane (Aromasin)
    Letrozole (Femara)
    Raloxifene (Evista)
    Tamoxifen (Saltamox)

Jika Anda menggunakan salah satu dari beberapa obat yang tercantum di atas, rasa gatal dapat muncul pada tingkat yang berbeda.
Kapan saya harus ke dokter?

Karena gatal-gatal dalam tubuh mungkin disebabkan oleh nyeri kulit normal dan mungkin bukan kanker, pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum berkonsultasi dengan dokter:

Bahkan jika gatal tidak sembuh dalam 2 hari. Bahkan jika gejalanya bertambah buruk.
Kulit tubuh menjadi kuning. Kondisi ini dikaitkan dengan hati dan empedu.
Air seni yang diproduksi berwarna lebih gelap seperti teh. Urin normal jernih dan agak kekuningan.
Teruskan menggaruk bagian yang gatal sampai berdarah.
Kulit menjadi sangat merah dan iritasi, dan itu tampak seperti semacam air panas yang bisa terluka jika disentuh di sekitarnya.

Nanah muncul di beberapa bagian kulit. Selain itu, goresan apa pun yang terjadi tidak akan mengering.
Sering mengalami gangguan tidur di malam hari karena gatal dan rasa sakit sangat hebat. Gangguan tidur selama berhari-hari dapat membahayakan

Baca Juga : 

Fakta tentang mual di pagi hari

Fakta tentang mual di pagi hari

Ada banyak fakta yang jarang diketahui di pagi hari. Sebagai hasil dari tinjauan menyeluruh, fakta bahwa ada kemungkinan pagi tidak terjadi di pagi hari.

Tidak semua wanita hamil akan terjadi

Sementara itu, saya selalu berasumsi bahwa wanita hamil harus mengalami mual di pagi hari. Meski tidak semua wanita mengalaminya. Setidaknya 15% wanita baik-baik saja di pagi hari. Mereka tidak merasa mual, dan makanan berlangsung dengan lancar.

Jika Anda termasuk seorang wanita yang mengalami morning sickness, adalah hal yang baik untuk menjaga asupan makanan agar tidak mengalami masalah, dan tahu apa pemicunya.

Itu tidak selalu terjadi di pagi hari

Suatu hal yang khas tentang morning sickness adalah bahwa hal itu selalu terjadi di pagi hari semester pertama kehamilan. Namun, gejala mual terjadi tidak hanya di pagi hari, tetapi juga dari sore hingga sore hari. Gejala mual terjadi lebih sering di pagi hari, sehingga disebut morning sickness.

Selain morning sickness tidak hanya terjadi pada semester pertama kehamilan. Beberapa wanita mengalami kondisi medis hingga bulan kelima dan keenam. Jika Anda masih mengalami mual, sangat mungkin mual di pagi hari masih akan terjadi, bahkan 6 bulan setelah kelahiran rahim.

Ini menyebalkan tapi tidak bisa diabaikan

Matahari pagi bisa menghilang sendiri. Beberapa wanita mengabaikan hal ini dan tidak mencoba mengatasinya. Penyakit pagi saya akan kehabisan energi kapan saja. Berat badan Anda akan berkurang seiring waktu.

Bagi wanita yang masih mau menerima makanan, mungkin tidak ada masalah. Namun, ketika terpapar makanan, wanita yang tidak bisa makan muntah sama sekali dapat segera meminta dokter untuk obat dan suplemen gizi.

Itu tidak dapat digunakan untuk prediksi gender

Beberapa orang mengatakan bahwa mual di pagi hari dapat digunakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi. Seseorang dengan gejala mual dan muntah memiliki kemungkinan tinggi memiliki janin dengan jenis kelamin perempuan.

Tren ini berlanjut, tetapi bayi dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan masih akan menyebabkan mual. Jadi akan sangat sulit untuk menilai jenis kelamin anak seperti yang terlihat dari tindakan morning sickness setiap hari.

Morning sickness tergantung pada kehamilan

Pada kehamilan pertama, Anda mungkin mengalami morning sickness yang sangat intens. Pada akhir kehamilan, morning sickness belum tentu terjadi. Anda mungkin tidak mengalaminya sama sekali, atau intensitasnya tidak bagus.

Pagi itu unik. Selain itu, 85% wanita hamil bisa mengalaminya di semester pertama kehamilan.

Nutrisi tidak kekurangan pada awal kehamilan

Salah satu kekhawatiran terbesar pasangan ini di awal kehamilan adalah kurangnya asupan gizi oleh janin. Padahal, janin selalu mengambil nutrisi dari ibunya seperti parasit.

Itu sebabnya wanita hamil harus mengonsumsi semua nutrisi hariannya. Setiap hari mereka harus mengkonsumsi lebih banyak makanan, meskipun belum dikelola.

Mengatasi morning sickness dapat diubah oleh setiap wanita

Setiap wanita memiliki berbagai gejala dan penyebab mual di pagi hari. Cara mengatasinya tergantung pada penyembuhan. Karena itu, identifikasi penyebabnya sendiri dan temukan cara untuk mengatasinya dengan coba-coba.
Cara mengatasi morning sickness dengan benar

Seperti disebutkan sebelumnya, semua wanita memiliki cara mereka sendiri untuk menghadapi masalah pagi hari. Namun, metode berikut dapat digunakan untuk mengurangi mual.

  1. Semua wanita hamil memiliki musuh sendiri terkait dengan pemicu mual. Ada wanita yang merasa mual hanya dengan melihat nasi. Beberapa orang mual ketika mereka melihat makanan tertentu yang lebih spesifik.
  2. Kami menyarankan Anda menyiapkan minuman sesegera mungkin di pagi hari. Minuman ini dapat mengurangi mual yang berlebihan. Mungkin air teh atau lemon. Setelah perut Anda nyaman, Anda bisa memakannya segera.
  3. Cobalah makan terlalu banyak. Hingga kondisi tubuh tidak berhenti mual hilang dengan cepat.
  4. Silakan coba makanan yang dikonsumsi dalam kondisi hangat. Makanan hangat biasanya lebih mudah diterima ke dalam tubuh dan tidak menyebabkan kondisi mual yang cukup besar.
  5. Tolong jangan memaksakan diri untuk makan apa yang tidak Anda sukai, dan akhirnya membuat Anda sakit. Dan semua makanan keluar dari tubuh Anda. Hanya makanan yang dimakan, mengandung nutrisi seimbang seperti buah dan susu.
  6. Kenakan kebiasaan makan buah-buahan yang diizinkan. Buah ini menyediakan cukup karbohidrat dan gula untuk memblokir lambung hingga siang hari.
  7. Suplemen nutrisi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Namun, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Tolong jangan minum suplemen sembarangan seperti yang Anda bisa lakukan

baca juga :