Sebelum kita bahas tentang itu, kita harus tahu dulu apa sih  ILMU KOMPUTASI DAN TEKNIK FISIKA itu ? Mungkin sebagian orang belum tahu apa sih ILMU KOMPUTASI DAN TEKNIK FISIKA itu.Nah sekarang saya akan menjelaskannya secara singkat, padatt dan jelas.

 

         Secara umum iIlmu komputasi adalah

bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

 

 Kalau Teknik Fisika lebih dikenal sebagai program studi

yang memperlajari hal-hal yang mengenai dengan Fisika dan Teknologi. Teknik Fisika yaitu jenis pendidikan keinsinyuran yang mempunyai dasar yang kuat dan cukup luasyang  terdiri dari ilmu-ilmu fisika dan matematika, serta dasar-dasar engineering. Profesi Teknik Fisika sering disebut sebagaifrontier engineering, dan mampu bergerak pada garis batas pengembangan teknologi baru yang memanfaatkan ilmu-ilmu dasar, matematika dan fisika. “Tentunya siap bersaing lho di dunia kerja”. Integrasi dari ilmu pengetahuan ini sangat diperlukan untuk pengembangan teknologi tinggi, baik yang berlangsung saat ini maupun yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

Untuk sekedar informasi Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komputasi ITT dirancang dengan total beban 145 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3,00 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester.

Makannya jangan ketinggalan..! Bagi kalian Berminat mengikuti Program

dari  Fakultas Institut Sains Teknologi Telkom (STT Telkom)   dan yang ingin berperan di garis batas pengembangan teknologi baru,  makannya persiapkan diri dari sekarang…!

Langsung saja ke pembahsan utamanya… ^__^

     Bingung nyari colokan listrik ? Apalagi cuma buat nge charge Hp..! Jaman sekarang teknologi udah pada canggih jadi nggak usah bingung Nah, berikut ini adalah solusinya yaitu inovasi teknologi terbaru untuk handphone dan gadget elektronik pada umumnya : Charger Ponsel Tenaga Air. Charger bernama PowerTrekk yang diproduksi oleh perusahaan Swedia, myFC ini dirancang khusus untuk melakukan pengisian daya listik peralatan-peralatan elektronik berupa gadget, baik itu Ponsel, Kamera digital, GPS, tablet dan notebook ataupun Ultrabook.Yang unik adalah “bahan bakar” yang digunakan PowerTrekk ini, yaitu air. Dengan hanya 1 sendok makan air, peralatan charger ini mampu mengisi energi ponsel untuk pemakaian 10jam.

powertrekk – charger hp tenaga air

      Dengan memanfaatkan proses dan reaksi kimia, yaitu mengkombinasikan zat Sodium Silisida dengan air hingga menghasilkan hidrogen, yang kemudian dioleh menjadi energi listrik. Kreatif ya ^_^. Sodium Silisida sendiri bukan zat yang murni dihasilkan oleh alam, tetapi adalah zat kimia baru yang dikembangkan oleh perusahaan SiGNa Chemistry, sebuah perusahaan kimia dari New York, USA. PowerTrekk sendiri merupakan produk komersil pertama yang menggunakan zat ini.

      Peralatan charger ini mampu melakukan charging batre hampir semua peralatan gadget elektronik dengan menggunakan koneksi USB. Selain itu, Charger Tenaga Air ini bisa dipakai pada semua jenis air, baik itu air tawar, air hujan, bahkan air garam dan air genangan alias comberan… wow.. Produk keren ini dipamerkan belum lama ini di CES (Consumer Electronics Show) 2012 di Las Vegas, dengan harga dibandrol sekitar € 199 (atau         sekitar $ 260) dan penggantian “bahan bakar” Sodium Silasida dengan harga € 2/buah. Kelebihan Charger Tenaga Air ini adalah alat ini tidak dipengaruhi oleh kekuatan dan pancaran matahari seperti halnya Charger Tenaga Surya. Namun walau begitu, sepertinya alat ini tidak akan laku di Afrika dan daerah-daerah gurun seperti di negara-negara semenanjung Arabia, karena ketersediaan air yang cukup sulit di daerah tersebut, namun untuk wilayah pinggiran pantai, alat ini sepertinya adalah alternatif bagus untuk charger handphone po

        Proses dalam pengisian atau charging batre gadget elektronik dengan alat ini pun cukup mudah. Sodium Silisida disimpan di bagian paling bawah sebuah wadah kecil bernama PowerPukk,di bagian atas powerpukk ini, air di tuangkan seperlunya. setelah itu kunci wadah ini, dan biarkan proses kimiawi antara Sodium Silisida dan air terjadi dan berubah menjadi listrik. Setelah itu, listrik dialirkan ke port USB yang terdapat di badan PowerTrackk, yang bisa dipakai mencharger HP atau gadget anda dengan peralatan conector USB. Menurut info, proses kimiawi ini aman untuk lingkungan dan tidak beracun, satu-satunya “ampas” yang terjadi adalah uap air.

 

Berminat? Sepertinya musti sabar, karena belum ada info kapan peralatan Charger Handphone Tenaga Air ini masuk ke Indonesia.

Baca Juga : 

Posted on: July 7, 2019, by : 9faxj