Contoh Kontravensi

Contoh Kontravensi

Contoh Kontravensi

Contoh Kontravensi

Teman kelasmu dalam musyawarah

punya sebuah rencana, tetapi kelasmu kurang sepakat terhadap rencana tersebut hingga berkembang rasa tidak gemar atau benci namun tena disembunyikan. Tindakan kelasmu ini termasuk suatu kontravensi.


Cara kontravensi menurut Leopold des Wiese dan Howard Becker mencakup lima subproses sebagai berikut.

  • Proses yang umum dari kontravensi meliputi perbuatanperbuatan seperti penolakan, keengganan, perlawanan, menghalang-halangi protes, kekerasan, dan perbuatan mengacaukan plan pihak lain.
  • Bentuk-bentuk kontravensi yang sederhana, seolah-olah menyangkal pernyataan orang yang lain di muka umum, memaki orang lain, mencerca, memfitnah, atau melemparkan beban pembuktian kepada pihak lain.
  • Bentuk-bentuk kontravensi intensif yang mencakup penghasutan, menyebar desas-desus, atau mengecewakan pihak yang lain.
  • Kontravensi yang bersifat rahasia, seperti menyebarkan rahasia orang lain dan berkhianat.
  • Kontravensi yang bersifat taktis misalnya mengejutkan versus, mengganggu atau membingungkan kubu lain.

Kontroversi menurut KBBI adalah (1) perdebatan; (2) persengketaan, pertikaian.Sedangkan definisi dari kontroversi secara umum adalah suatu pertentangan atau suatu perbedaan sikap yang berupa perdebatan terhadap sebuah masalah yang bertentangan yang memiliki dua sisi yang berlainan yang bisa memicu konflik.


Kelompok menurut KBBI adalah (1) kumpulan (tentang orang, binatang, dan sebagainya); (2) golongan (tentang profesi, aliran, lapisan masyarakat, dan sebagainya); (3) gugusan (tentang bintang, pulau, dan sebagainya). Kelompok menurut Baron & Bryne (1979) adalah kelompok memiliki 2 tanda psikologis, yaitu pertama, adanya sense of belonging ; kedua, nasib anggota kelompok tergantung satu sama lain sehingga hasil setiap anggota terkait dengan anggota yang lain.


Kelompok menurut Forsyth (1983) : kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling mempengaruhi melalui interaksi sosial.Kelompok menurut Cartwright & Zander (1968) : kelompok adalah kumpulan individu yang saling berhubungan sehingga saling bergantung pada derajat tertentu.


Sumber: https://muliasmartdetox.co.id/2020/04/17/racing-xtreme-apk/

Posted on: April 19, 2020, by :