Doa Sujud Sahwi dan Tata Caranya Lengkap!

doa sujud sahwi

Manusia adalah makhluk pelupa. Tidak, jika Anda tidak pernah lupa. Dan, tidak terkecuali dengan kinerja shalat, kita cenderung ditolak oleh kelupaan, baik dalam harmoni dan dalam doa Sunnah.

Karena alasan ini, Islam mengandaikan keberadaan sujud dari Sahwi.

Sujud Sahwi
Mengalahkan adalah Sahwi adalah sujud yang dibuat karena kita mengalami pelupa dalam sholat, apakah kita secara tidak sengaja lupa melakukan sesuatu yang sunnah atau hal-hal salah lainnya.

Menurut bahasa “sahwi” berarti melupakan dan membuat setelah syara “dua sujud sebelum salam dengan kondisi dan doa tertentu. Misalnya, sujud itu sahwi, karena pelupa angka akan rakaat angka.

Sahwi sujud bisa untuk menyempurnakan posting atau mengganti posting yang terlupakan.

Rasulullah berkata:

إذا شك أحدكم فى صلاته فلم يدر كم صلى ثلاثا أم أربعا فليطرح الشك وليبن على ما استيقن ثم يسجد سجدتين قبل أن يسلم فإن كان صلى خمسا شفعن له صلاته وإن كان صلى إتماما لأربع كانتا ترغيما للشيطان

artinya:

“Jika Anda memiliki keraguan tentang doanya dan tidak tahu persis berapa banyak doa yang telah ia ucapkan, maka tiga atau empat rakaat melemparkan keraguan itu dan mengambil apa yang pasti ternyata Jika ternyata ini sebenarnya empat rakaat, maka sujud itu merupakan penghinaan bagi iblis. “(HR Bukhari dan Muslim).

Bacaan Sujud Sahwi

Pada dasarnya, tidak ada bacaan khusus yang dibaca ketika sujud itu sahwi. Jadi, membaca sujud dapat membaca sujud yang sah yang sering kita baca dalam sujud.

Namun, ada beberapa imam atau pendeta yang menafsirkan membaca doa sujud sebagai berikut.

Bacaan Sujud Sahwi yang dikutip dari https://waheedbaly.com sebagai berikut:

Bacaan Sahwi Arab
سبحان من لا ينام ولا يسهو

Bacaan Sahwi Latin
“Subhana satu laa yanaamu wa laa yas-huw”

Pentingnya Bacaan Sujud Sahwi
“Maha Suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa.”

Bagaimana saya melakukan sujud Sahwi?

Bagaimana cara melakukan Sahwi?

Inilah cara membuat sujud menurut pendapat para ulama.

  • Cara sujud sama dengan sujud dalam pelaksanaan sholat.
  • Sujah ​​dieksekusi dua kali, dengan split dilakukan dengan duduk sebentar atau turun dua kali. Ini dijelaskan untuk membaca Takbir setiap kali mereka sujud atau bangkit dari sujud.
  • Jangan langsung menemani ke Tasyahud. Waktu kemudian dilakukan pada akhir doa, sebelum salam atau setelah shalat (jika dilupakan) yang dilakukan setelah salam.

Sujud sujud dapat dilakukan sebelum atau sesudah sambutan. Ini sesuai dengan kasus di mana penghitungan itu dilupakan atau seseorang rukun berdoa.

Setelah kejadian itu saya lupa bersujud untuk Sahwi, ada dua hal yang patut mendapat perhatian:

1. Salam sujud sujud

Sujud yang dibuat sebelum salam adalah karena:

Saya lupa membuat Tasyahud lebih awal. Hal yang sama berlaku untuk semua kasus di mana doa wajib dilenyapkan karena kelupaan
Keraguan tentang jumlah rakaat shalat dan ketidakpastian tentang jumlah rakaat.
Salam sahwi sujud ke-2

Sujud yang dilakukan setelah salam adalah karena:

  • Ada sejumlah tambahan doa Rakaat
  • Ada gerakan-gerakan tambahan dalam doa
  • Keraguan dan bisa menentukan apa yang lebih meyakinkan
  • Diceritakan oleh Abdullah bin Buhainah Ra.

“Suatu ketika, Rasulullah, Dia menuntun doa-doa kita, dan setelah dua rakaat, dia segera bangun tanpa duduk (Tasyahud pada awalnya), dan banyak jamaah mengikutinya ketika salat selesai dan kami menunggunya untuk mengambil salatnya. Salam, ternyata dia adalah Takbir dan kemudian membungkuk dua kali ketika dia duduk sebelum sambutan, setelah itu dia mengucapkan salam. “(HR.Muslim)

Diceritakan oleh Ibnu Mas’ud Ra.

“Utusan Allah berdoa lima rakaat, dan setelah menyelesaikan shalat, tanyakan padanya tentang hal itu, jadi dia membungkuk dua kali dan kemudian menyapanya.” (SDM, Bukhari, dan Muslim)

Saat melakukan sujud sebelum dan sesudah salam dianjurkan. Artinya, jika sujud tidak sesuai dengan aturan, doa tetap sah. Ini adalah penjelasan beberapa ulama dalam buku Al-Khithabi.

Baca Juga :

Posted on: September 9, 2019, by : 9faxj