Dubes Saudi Hadiahkan Ibadah Haji buat Wisudawan Terbaik ITB

Dubes Saudi Hadiahkan Ibadah Haji buat Wisudawan Terbaik ITB

Dubes Saudi Hadiahkan Ibadah Haji buat Wisudawan Terbaik ITB

Dubes Saudi Hadiahkan Ibadah Haji buat Wisudawan Terbaik ITB
Dubes Saudi Hadiahkan Ibadah Haji buat Wisudawan Terbaik ITB

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi menjanjikan hadiah ibadah haji

bagi para wisudawan terbaik pada Sidang Terbuka Wisuda Ketiga Institut Teknologi Bandung tahun akademik 2018/2019 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jumat (19/7/2019).

Pernyataan soal pemberian hadiah ibadah haji itu disampaikan dosen agama Islam di ITB, Shohib Khoiri usai menerjemahkan commencement speech Esam pada acara tersebut.

“Bapak duta besar akan beri hadiah kehormatan bagi para wisudawan yang dapat nilai tertinggi di setiap subjeknya, yaitu ibadah haji. Untuk mahasiswa terbaik dari setiap sekolah,” kata Shohib yang merupakan lulusan Universitas Al Azhar ini.

Pengumuman itu sontak mendapatkan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta sidang terbuka.

 

Dalam pidatonya yang menggunakan bahasa Arab, Esam menyampaikan kebahagiaannya mendapatkan kesempatan memenuhi undangan Rektor ITB, Kadarsah Suryadi menghadiri wisuda tersebut. Menurutnya, hubungan bilateral antara pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia berjalan sangat baik. Kedua negara memiliki kerja sama yang begitu kuat baik dalam aspek perpolitikan, keagamaan khususnya keislaman, ekonomi, kebudayan dan pendidikan, dan kemasyarakatan.

“Dalam aspek kerja sama perpolitikan, saat ini pun kita dapat melihat buah dari kerja sama tersebut t

elah memberikan dampak positif dari berbagai aspek khususnya dalam aspek perpolitikan,” ujar Esam.

Hubungan yang baik itu juga terwujud dalam kerjasama bidang keagaaman, terutama dalam penyelenggaraan ibadah haji. “Pemerintah Arab Saudi sangat bangga karena mampu melayani seluruh kebutuhan umat Islam dalam pelayanan haji,” kata Esam.

Untuk kerja sama ekonomi, sambung Esam, kedua negara termasuk dalam kelompok negara G-20. “Kedua negara punya kekuatan ekonomi kuat di dunia, bisa memberi dampak positif pertumbuhan ekonomi internal dan penyerapan tenaga kerja masing-masing,” terang Esam sembari menambahkan kerjasama serupa dilakukan juga antara kementerian pendidikan Arab Saudi dengan Indonesia dalam hal pertukaran pelajar baik pendidikan dan penelitian yang bisa memberi dampak positif bagi kedua negara.

Terkait prosedur pemberian hadiah ibadah haji, ITB akan memberitahukan lebih lanjut kepada para mahasiswa yang berhak mendapatkannya.

Pada sidang terbuka kali ini, Rektor ITB Kadarsah Suryadi mewisuda 1.760 wisudawan dari program sarjana, magister, dan doktor. Pada program sarjana ada sebanyak 1.148 wisudawan, magister sebanyak 575 orang, dan program doktor sebanyak 37 orang. Para wisudawan ini berasal dari 12 sekolah dan fakultas yang ada di ITB mengikuti prosesi wisudawan terpisah pada Jumat, 19 Juli 2019 dan Sabtu, 20 Juli 2019.

Rektor juga mewisuda 21 mahasiswa internasional dari berbagai program studi dan berasal dari 15 negara yaitu Cambodia, Tiongkok, Czechia, Ethiopia, Madagaskar, Malaysia, Myanmar, Laos, Libya, Pakistan, Rwanda, Timor Leste, Uganda, United Republik of Tanzania, dan Vietnam. “Suatu kehormatan dan kebahagian bagi ITB karena dapat berbagi ilmu dan pengetahuan kepada para mahasiswa internasional,” ujar Kadarsah.

 

Sumber :

http://sitialfiah.blogs.uny.ac.id/bedhaya-ketawang-dan-bedhaya-semang/

Posted on: August 13, 2019, by : 9faxj