Faktor Eksternal Atau Eksogen

 Faktor Eksternal Atau Eksogen

a. Faktor sosial,yaitu faktor ada manusia lain yang berada diluar diri subjek yang
Sedang belajar.
Orang tua ; orang tua yang mampu mendidik dengan baik, mampu berkumunikasi dengan baik, penuh perhatian, tahu kebutuhan dan kesulitan yang dihadapi anak, akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan belajar anak.
Manusia yang hadir; manusia yang hadiar pada saat seseorang sedang belajar dapat menganggu proses belajar, misalnya; suasana yang gaduh, berisik.
Bukan manusia yang hadir; dapat berupa film, video, VCD, atau kaset yang diputar sehingga dapat menganggu individu yang sedang belajar.
b. Faktor non sosial.
• Alat bantu belajar mengajar ( ABBM) yang lengkap akan membantu proses belajar.
• Metode mengajar yang memadai akan membantu proses belajar.
• Faktor udara, cuaca, waktu, tempat, sarana, dan prasarana dapat mempengaruhi belajar.

TEORI-TEORI PSIKOLOGI BELAJAR
Dalam masa perkembangan psikologi pendidikan muncullah beberapa aliran psilologi
Pendidikanyaitu;
• Psikologi behavioristik; para psikolog behavioristik sering disebut contempory behaviorists, mereka berpendapat,bahwa tingkah laku manusia itu dikendalikan oleh ganjaran (reward) atau penguatan (reinforcement) da
Dari lingkungan.
• Psikologi kognitif; bahwatingkah laku seseorangtidak hanya dikontrol oleh reward dan reinforcement,tapi lebih didasarkan pada kognisi yaitu tindakan mengenalatau memikirkan situasidimana tingkah laku ituterjadi
• Psikologis humanistis; perhatian psikologis humanistik terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman mereka sendiri.

 

https://haciati.co/kidu-a-relentless-quest-apk/

Posted on: June 28, 2020, by :