Hal-hal yang mewajibkan mandi

Hal-hal yang mewajibkan mandi

Hal-hal yang mewajibkan mandi

Hal-hal yang mewajibkan mandi

  1. Bersetubuh , yakni masuknya zakar sebatas hasyafah kedalam faraj. A’isyah menceritakan bahwa Nabi SAW bersabda “apabila bertemu dua bekas khitan, maka telah wajib mandi walaupun tidak keluar mani. A’isyah menambahkansaya melakukan hal itu kepada rasulullah , kemudian kami pun mandi.” (HR Muslim). Empat imam mazdhab sepakat apabila seorang laki-laki telah bersetubuh dengan seorang perempuan dan bertemu kedua kelaminnya, meskipun tidak keluar mani, mereka wajib mandi. Daud berpendapat, mandi tidak wajib, kecuali keluar mani. Demikian juga pendapat sekelompok sahabat nabi Saw. Sedangkan menurut imam syafi’i, Maliki, dan Hambali tidak ada bedanya antara kelamin manusia dan kelamin binatang. Menurut imam Hanafi tidak wajib mandi karena menyetubuhi binatang kecuali keluar mani.
  2. Keluar mani, sesuai dengan hadits, “air (mandi) hanyalah (wajib) karena air (mani).”(HR Muslim), keluar air mani mewajibkan mandi, meskipun tidak disertai rasa nikmat. Sedangkan menurut imam Hanafi dan Maliki jika keluarnya tidak disertai rasa nikmat maka tidak wajib mandi. Seseorang telah selesai mandi wajib, lalu keluar mani, menurut Imam Hanafi dan Hambali jika keluar mani selesai kencing maka tidak wajib mandi. Namun jika keluarnya sebelum kencing maka wajib mandi. Menurut imam Safi’i wajib mandi secara mutlak. Sedangkan menurut imam Maliki tidak wajib mandi sama sekali.
  3. Air mani dapat dikenali dengan: (1) keluarnya memancar beberapa kali, (2) rasa lezat ketikak keluar dan hilang syahwat setelahnya, (3) bau adonan gandum ketika masih basah, (4) bau putih telur setelah mani itu kering.
  4. Mati, kecuali mati syahid.
  5. Haid.Darah haid adalah darah alami yang keluar dari rahim terdalam seorang perempuan setelah balig dan dalam keadaan sehat. Darah haid paling sedikit terjadi selama satu hari satu malam (24 jam), paling banyak lima belas hari dan rata-rata enam atau tujuh hari.

Masa suci setelah haid paling sedikit adalah lima belas hari. Masa terlama tidak terbatas karena sebagian perempuan tidak memiliki haid. Dan masa rata-rata adalah dua puluh tiga atau dua puluh empat hari. Penentuan jumlah hari ini didasarkan pada penelitian terhadap kebiasaan para perempuan.

Cara mengetahui kesucian haid adalah dengan meletakkan kapas di tempat keluarnya darah. Jika kapas tersebut bersih maka haid dianggap telah berhenti, tapi jika masih ada warna kekuningan atau keruh maka dianggap belum selesai.

Usia paling dini bagi seorang perempuan untuk haid adalah kurang lebih sembilan tahun dengan perhitungan kalender qamariah (tahun hijriyah). Maksud kurang lebih disini adalah jika seorang perempuan melihat darah sebelum mencapai usia sembilan tahun dalam masa yang tidak cukup untuk terjadi haid dan suci  yaitu enam belas hari maka darah itu juga dianggap sebagai darah haid.

https://kaosfullprint.co.id/zombie-annihilator-apk/

Posted on: June 23, 2020, by :