Imunisasi MR di DIY Berjalan Lancar

Imunisasi MR di DIY Berjalan Lancar

Imunisasi MR di DIY Berjalan Lancar

Imunisasi MR di DIY Berjalan Lancar
Imunisasi MR di DIY Berjalan Lancar

Hingga pertengahan Agustus 2017, pelaksanaan imunisasi “measles rubella” atau MR di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah berjalan lancar. Sebanyak 38,43% anak usia TK, SD, dan SMP di DIY telah mendapat imunisasi ini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, K. Baskara Aji menyebut

, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya sekolah yang menolak imunisasi MR. Ia juga berharap, pelaksanaan imunisasi MR di wilayahnya akan berjalan lancar.

“Hingga pertengahan Agustus belum ada sekolah yang menolak imunisasi MR, semua berjalan lancar,” ujarnya.

Pihaknya juga siap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melancarkan program ini. Ia menyadari, semua anak harus mendapat imunisasi yang baik untuk mencegah penyakit campak dan rubella.

Sebelumnya juga dilaporkan sempat terjadi penolakan pelaksanaan imunisasi ini

dari beberapa madrasah di DIY. Penolakan itu di antaranya didasarkan anggapan bahwa bahan-bahan vaksin untuk imunisasi tidak halal. Namun, upaya sosialisasi terus dilakukan untuk memberikan pemahaman yang baik tentang imunisasi ini.

Terkait penolakan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY Muhammad Lutfi Hamid mengatakan telah menyiapkan sanksi bagi lembaga pendidikan berbasis keagamaan yang menolak melaksanakan imunisasi MR.

“Jika masih ada kendala berbasis persoalan pemahaman keagamaan tentu kami

akan tindaklanjuti,” kata dia.

Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. (Andi)

 

Sumber :

https://memphisthemusical.com/

Posted on: February 7, 2020, by :