Kebijakan Pemasaran

Kebijakan Pemasaran

Manajemen pemasaran melakukan kebijakan terhadap bauran pemasaran yang disebut 4p yaitu:

Kebijakan produk

Produk adalah suatu yang dapat ditawarkan dipasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dibeli, digunakan atau dikonsumsi sebagai pemenuh keinginan atau kebutuhan. Ada dua kebijakan produk:

  1. Atribut produk

Pengembangan sebuah produk mengharuskan perusahaan menetapkan manfaat-manfaat apa yang akan diberikan produk itu. Manfaat-manfaat ini dikomunikasikan dan dipenuhi oleh atribut produk misalnya mutu, desain, merek, label dan kemasan.

  1. Daur hidup produk

Setelah produk baru diluncurkan, perusahaan ingin agar produk tetap berada di pasar dalam waktu lama dan menghasilkan penjualan yang baik. Pola penjualan dalam dalam suatu daur hidup produk ditandai oleh empat tahap, dimulai dari tahap pengenalan produk, tahap pertumbuhan yang ditandai dengan meningkatnya laba dan penjualan, tahap kedewasaan yang ditandai dengan stabil atau menurunnya laba, dan terakhir tahap penurunan yang ditandai dengan menurunnya penjualan dengan cepat.

  1. Kebijakan harga

Harga adalah sejumlah nilai yang ditukarkan konsumen dengan manfaat yang didapat dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa yang nilainya ditetapkan oleh pembeli dan penjual melalui tawar-menawar atau ditetapkan oleh penjual untuk satu harga yang sama terhada semua pembeli.

  1. Kebijakan distribusi

Sebagian besar produsen menggunakan perantara pemasaran untuk memasarkan produknya dengan cara membangun saluran distribusi, yaitu sekelompok organisasi yang saling tergantung dalam keterlibatan mereka pada proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi penggunaan atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial.

  1. Kebijakan promosi

Promosi adalah mengkomunikasikan produk kepada masyarakat agar dikenal dan dibeli. Untuk mengkomunikasikan produk perlu disusun strategi yang disebut strategi bauran promosi (promotion-mix) yang terdiri atas empat komponen uatama, yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat ( public relations) dan penjualan perorangan ( personnal selling).

Sumber: http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/14/jasa-penulis-artikel/

Posted on: July 16, 2020, by :