Kegiatan Pertanian

Kegiatan Pertanian

Kegiatan Pertanian

Kegiatan Pertanian
Kegiatan Pertanian
Indonesia merupakan salah satu negara yang mengembangkan sektor agraris untuk menopang kehidupan perekonomiannya. Perlu diketahui sebagian besar penduduk Indonesia yang bertempat tinggal di wilayah perdesaan mengembangkan sektor pertanian.

a. Area Persawahan

Kegiatan pertanian di Indonesia dilaksanakan dalam bentuk berbagai bentuk, yakni sawah tadah hujan (pengairan sawah diperoleh dari air hujan), sawah irigasi (pengairan sawah melalui saluran-saluran irigasi), sawah lebak (sawah yang memanfaatkan bantaran sungai), sawah pasang surut (sawah yang ada di muara sungai besar & dipengaruhi oleh pasang surut air laut).

b. Perkebunan

Perkebunan adalah pertanian yang bersifat niaga karena hasilnya untuk dijual, dapat juga diusahakan oleh pemerintah/swasta, modal besar, tanaman yang diusahakan, seperti karet, cokelat, kapas, kopi, teh, gula, buah-buahan dan lain sebagainya. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

c. Perikanan

Perikanan adalah usaha pemeliharaan, pembudidayaan & penangkapan ikan. Perlu diketahui bahwa perikanan dibedakan menjadi 2, yakni perikanan laut & perikanan darat.

d. Peternakan

Peternakan adalah usaha memelihara binatang ternak untuk diambil manfaatnya. Khususnya di Indonesia, usaha peternakan dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yakni peternakan hewan kecil, hewan besar & ternak unggas.

e. Kehutanan

Hutan sangat begitu penting karena manfaatnya yang besar bagi makhluk hidup. Hutan juga sebagai paru-paru dunia, hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian. Sebab hutan dapat menghasilkan kayu rotan & damar.
Posted on: March 6, 2019, by : 9faxj