Kenali Gejala Disleksia Sejak Dini

Kenali Gejala Disleksia Sejak Dini

Apakah anak Anda kendala membedakan sejumlah bunyi atau huruf? Bisa saja itu ialah salah satu fenomena disleksia. Disleksia sendiri adalahgangguan kendala belajar yang seringkali ditandai dengan ketidakmampuan guna mengenal sejumlah simbol, huruf, dan angka melewati penerimaan penglihatan dan pendengaran. Gejala masing-masing anak yang menderita disleksia dapat saja berbeda. Oleh sebab itu, yuk kenali semenjak dini gejala-gejala disleksia!

Terlambat Bicara
Jika kita mempunyai anak yang terlambat bicara atau kendala untuk berbahasa, ini dapat jadi gejala mula disleksia. Bagi mengetahuinya, Anda dapat membandingkan kemampuan berkata dengan anak kita dengan anak seusianya. Namun, fenomena ini tidak dapat dijadikan patokan sepenuhnya. kita perlu meneliti lebih jauh. Mungkin saja anak kita memang lambat berkata karena ada hal lain laksana kurangnya rangsangan dari lingkungan untuk menyuruh anak bicara.

Kesulitan dalam Mengenal Bunyi dan Huruf
Gejala disleksia yang dapat Anda lihat atau amati semenjak dini pada anak Anda ialah kesulitan dalam mengenal sejumlah bunyi dan huruf. Kebanyakan huruf yang sangat sulit diingat ialah huruf b, p, m, dan n. Anak yang menderita disleksia seringkali tidak dapat membedakan mana huruf b dan p atau huruf m dan n. Huruf-huruf itu terlihat serupa sehingga tidak jarang tertukar. Anak disleksia pun mempunyai tingkat kepekaan bunyi atau fonologi yang rendah. Mereka bakal mengalami kendala untuk mengenali bunyi ‘b’ pada ‘bola’ saat diganti dengan ‘p’ pada ‘pola’.

Kesulitan dalam Mengeja
Gejala disleksia selanjutnya ialah tidak dapat atau susah dalam mengeja. Banyaknya huruf yang nampak sama tidak jarang membingungkan sampai-sampai sulit untuk anak disleksia untuk mengeja bunyi huruf dan merangkainya menjadi suatu kata atau suku kata. Akibatnya anak-anak yang menderita gangguan kendala belajar ini kendala dalam belajar membaca.

Kesulitan dalam Mengingat Urutan
Jika si kecil kendala dalam menilik urutan sebuah objek atau mencatat huruf alfabet tidak cocok dengan urutan, ini pun termasuk salah satu fenomena disleksia. Untuk memahami apakah anak menderita gangguan kendala belajar ini atau tidak, Anda dapat mencoba mengajari anak nama-nama hari melewati nyanyian. Lalu perhatikan, apakah anak memiliki kendala dalam menilik urutan nama hari atau tidak.

Sumber : http://www.webstyles-portuguese.info/track.php?l=www.pelajaran.co.id

Posted on: September 30, 2019, by : 9faxj