Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN

Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN

apa kabar kalian hari ini? Apakah anda dulu mendengar mengenai ASEAN? Penasarankah mengenai kondisi-kondisi negara-negara di ASEAN? Yuk, mari kami cari memahami lebih lanjut dengan membaca artikel di bawah ini!

ASEAN
Apa kalian memahami bahwa ASEAN (Association of South East Asian Nations) berdiri terhadap 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Wow hebat ya negara kami itu salah satu negara pendiri.

Tahukah kalian Sebagian besar negara ASEAN punyai lokasi laut dengan luas kurang lebih 5.060.100 km². Adapun luas lokasi daratannya ± 4.817.000 km. Mayoritas negara-negara di ASEAN punyai iklim tropis gara-gara dilewati oleh garis khatulistiwa.

Berdasarkan letak geografis, ASEAN terletak di pada dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik, dan terletak satu diantara dua benua yaitu Asia dan Australia. Tahukah kalian bahwa negara-negara di ASEAN punyai 4 karakteristik yang unik lho, yuk mari kami bahas!

Compact, yaitu bersifat hampir seperti lingkaran. Contohnya negara Kamboja.
Fragmented, yaitu bersifat kepulauan yang terpisah-pisah. Contohnya Indonesia.
Elongated, yaitu wujud memanjang. Contohnya negara Vietnam.
Protruded, yaitu bentuknya lebih kompleks dan beragam, kebanyakan terkandung tangan yang memanjang. Contohnya Thailand dan Myanmar.

Kondisi Geografis Negara-negara di ASEAN

Inilah situasi geografis tiap-tiap negara anggota ASEAN secara umum. Yuk, mari kami simak!

No.

Nama Negara

Letak

Astronomis

Iklim

Kondisi

Geografis

1

Indonesia

6°LU-11°LS dan

95°BT-141°BT

Tropis

Negara kepulauan terbesar di dunia dan dilintasi oleh khatulistiwa. Indonesia punyai relief yang beragam ragam bentuknya dan dilewati oleh dua sirkum yaitu sirkum pasifik dan mediterania yang membawa dampak Indonesia punyai banyak gunung api. Selain itu Indonesia diapit oleh lebih dari satu lempeng besar yang membawa dampak wilayahnya rawan gempa.

2

Malaysia

1oLU – 7oLS dan

100oBT – 120oBT

Tropis khatulistiwa

Malaysia terdiri atas dua kawasan utama yaitu Malaysia barat yang diliputi bentukan pegunungan. Dan Malaysia timur kebanyakan sempit dan berawa-rawa serta sungai-sungai yang pendek dan berkelok-kelok.

3

Singapura

1o11’LU – 1o28’LU dan

103o38’BT – 104o5’BT

Tropis

Luasnya hampir mirip dengan kota Jakarta (664 km2). Keadaan alam negara Singapura terhadap kebanyakan relatif datar. Akan tetapi, dibeberapa daerah dijumpai perbukitan.

4

Brunei Darussalam

4°LU – 6°LU dan

114°BT – 115°BT

Tropis Khatulistiwa

Brunei terdiri atas terhadap dua lokasi yang terpisah, yaitu lokasi barat dan timur. Wilayah Brunei dikelilingi oleh lokasi Malaysia. Wilayah barat merupakan dataran rendah yang berawa-rawa. Pantai anggota utara Brunei merupakan daerah dataran yang relatif luas dan di lokasi ini terkandung Teluk Brunei

5

Vietnam

8oLU – 22oLU dan

104oBT – 108oBT

Bagian utara iklim sedang dan selatan iklim tropis

Secara geografis, Vietnam terdiri berasal dari lima wilayah:

· Daerah pegunungan utara.

· Delta Sungai Merah.

· Barisan Pegunungan Annam, yang terjalin dengan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

· Garis pesisir pantai yang sempit pada Barisan Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan.

· Delta Sungai Mekong di sebelah selatan Vietnam.

6

Kamboja

10oLU – 15oLU dan

102oBT – 108oBT

Tropis basah dan kering

Bentuk lokasi Kamboja menyerupai piring. Di anggota tengahnya terkandung dataran besar Tonle Sap, sedang anggota pinggir dibentuk oleh deretan pegunungan Negara ini dilewati oleh DAS Mekong. Sampai sekarang, Sungai Mekong merupakan sungai yang terutama di Kamboja.

7

Laos

14oLU – 22oLU dan

100oBT – 107oBT

Tropis

Laos merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang jalur masuk ke wilayahnya tanpa lewat laut. Sebagian besar lokasi Laos adalah daerah pegunungan dan lokasi lainnya merupakan dataran tinggi.

8

Myanmar

11oLU – 28oLU dan

92oBT – 101oBT

Tropis

Negara Myanmar terbentuk berasal dari dua lipatan pegunungan di sebelah barat dan sebuah patahan blok di sebelah timur. Keduanya berjajar berasal dari utara ke selatan. Jajaran sebelah barat mencakup deretan Pegunungan Letha, bukit Chin, dan Pegunungan Arakan Yoma yang diliputi hutan-hutan lebat.

9

Thailand

6oLU – 21oLU dan

97oBT – 106oBT

Tropis

Thailand punyai Topografinya bersifat pemukaan tanah yang dilewati aliran sungai di anggota tengah; dataran tinggi di timur laut; hutan dan pegunungan serta bukit-bukit di sebelah utara; dan lokasi selatan kebanyakan bersifat bukit-bukit. Daerah yang jadi pusat kesibukan bersifat dataran rendah di daerah aliran Sungai Chao Phraya.

10

Filipina

5oLU – 21oLU dan

117° BT – 121°BT

Tropis basah

Filipina merupakan negara kepulauan. Yang termasuk pulau besar adalah Luzon dan Mindanao. Filipina banyak punyai gunung berapi yang masih aktif. Filipina dilewati oleh deretan Pegunungan Sirkum Pasifik.

Baca Juga :

Posted on: January 10, 2019, by : 9faxj