Kumpulan Materi Pembelajaran Pengantar Sejarah

Kumpulan Materi Pembelajaran Pengantar Sejarah

Kumpulan Materi Pembelajaran Pengantar Sejarah – Pengetahuan berkenaan peristiwa terlampau mutlak sekali bagi generasi penerus bangsa. Karena bersama studi sejarah, kita sanggup mengerti peristiwa masa selanjutnya bangsa ini, yang sanggup dijadikan hikmah dan pelajaran berharga untuk sementara ini dan masa yang akan datang.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Artinya pengalaman seseorang sanggup dijadikan pelajaran sehingga kedepan tidak lakukan kesalahan yang sama dan sanggup lebih baik dari sebelumnya. Ini hubungannya peristiwa peristiwa individu seseorang.

Jika peristiwa suatu bangsa, maka merupakan peristiwa peristiwa sekelompok manusia yang mendiami suatu wilayah yang lumayan luas. Artinya yang dikaji tidak cuma peristiwa individu, melainkan peristiwa orang banyak, terutama para tokoh yang udah berjasa memperjuangkan bangsa Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan sampai peristiwa sementara ini di negeri Indonesia.

Untuk membicarakan pengetahuan peristiwa secara lebih komprehensif, kita kudu terutama dahulu mempelajari dasar-dasar pengetahuan sejarah, di dalam hal ini pengantar sejarah.

Berikut di share kumpulan materi-materi pembelajaran pengantar peristiwa di blog kawan dekat geografi, yang sanggup saudara pelajari secara mandiri untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan sejarah. Mulai dari rancangan definisi peristiwa dan unsur-unsur sejarah, fungsi sejarah, metode sejarah, sumber sejarah, sampai bersama peristiwa penulis sejarah.

Kumpulan Materi Pembelajaran Pengantar Sejarah
1.Peta Konsep
2.Pengertian Sejarah dan Unsur-Unsur Sejarah
3.Konsep Sejarah: Perubahan, Waktu, Kontinuitas
4.Guna Sejarah: Interinsik, Eksterinsik
5.Metode Sejarah: Heuristik, Pengertian Sumber Sejarah
6.Pengumpulan Sumber, Klasifikasi Sumber
7.Kritik Sumber: Intern, Ekstern
8.Interpretasi Sumber Sejarah
9.Historiografi: Fakta Sejarah, Kebenaran Sejarah
10.Scope dan Dimensi di dalam Sejarah
11.Ilmu Bantu Sejarah
12.Hubungan Sejarah bersama Ilmu Sosial Lain
13.Sejarah Perkembangan Historiografi di Indonesia
14.Sejarah Penulisan

Kumpulan materi diatas, tetap belum lengkap, dan tetap banyak terkandung berbagai kesalahan baik substansi ataupun penulisan, hal itu gara-gara keterbatasan penulis. Oleh karenanya, saran, kritik, dan masukan dari pembaca terlampau penulis berharap sehingga kedepan kumpulan materi pengantar peristiwa sanggup lebih baik lagi.

Terimakasih atas perhatian saudara sekalian, semoga apa yang dibagikan di blog kawan dekat geografi sanggup bermanfaat untuk anda.

Baca Juga :

 

Posted on: August 19, 2019, by : 9faxj