Macam-macam Potensi Sumber Daya Alam

Macam-macam Potensi Sumber Daya Alam

kita ulang ulang dengan materi pelajaran kelas 7. Kali ini kami bakal membahas perihal potensi sumber daya alam, Pasti penasaran perihal macam-macam sumber daya alam yang digunakan didalam kehidupan sehari-hari kami kan? Menarik lho, yuk, mari kami cari mengetahui bersama-sama!

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang terkandung di bumi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Tahu kah anda bahwa jenis-jenis sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan pembentukan, materi dan lokasinya? Yuk kami cari tahu!

Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dapat dibagi jadi dua:

1) Sumber daya yang dapat diperbaharui: sumber daya alam yang dapat diproduksi kembali.

2) Sumber daya yang tidak dapat diperbaharui: sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan dapat habis.

Berdasarkan materinya, sumber daya alam terhitung dapat dibagi jadi 2, yakni sumber daya alam biotik dan abiotik.

Berdasarkan lokasinya, sumber daya alam dibagi jadi 2 yaitu: 1) sumber daya alam terestrial (darat), dan 2) akuatik (perairan).

Potensi Sumber Daya Alam dan Persebarannya

HUTAN

Hutan adalah ekosistem daratan yang sedia kan oksigen, kayu dan area tinggal bagi begitu banyak ragam flora dan fauna. rimba dapat dibedakan berdasarkan iklim, relief dan type tanahnya, jadi hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana, dan hutan bakau (mangrove).

TANAH
Tanah merupakan media yang jadi area tumbuh bagi tumbuh-tumbuhan serta jadi fondasi bagi segala kehidupan di daratan.

AIR

Tahu kah anda bahwa nyaris 71% permukaan ditutupi oleh air? Selain itu, air terhitung merupakan sumber daya alam yang terlalu penting dan istimewa bagi kehidupan di bumi. Air terhitung merupakan salah satu sumber kapabilitas dan daya yang ada di bumi.

TAMBANG
Tahu kah anda terkecuali pertambangan di Indonesia merupakan salah satu tambang terbesar di dunia?Keren ya! Salah satu barang yang dihasilkan berasal dari tambang adalah emas.

Apa saja sih hal-hal yang dapat dihasilkan oleh tambang? Yuk mari kami lihat bersama:

1. Minyak bumi

Minyak bumi terhitung kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi terbentuk berasal dari hasil pengendapan mikroplanton yang terkandung di danau, rawa, teluk atau lautan dangkal. Daerah penghasil minyak bumi meliputi: Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Cepu, Cilacap, Majalengka, Balikpapan, Maluku, Sorong dan Delta Mahakam (Kalimantan Timur).

2. Gas Alam
Gas alam merupakan barang tambang yang pembentukannya sama seperti minyak bumi, cuma saja bentuknya berupa gas. Gas alam dapat pula diubah jadi bentuk cair, yang disebut sebagai Liquified Natural Gas (LNG). Daerah penghasil gas alam: Arun (Nangroe Aceh Darussalam), Bontang (Kalimantan Timur), Tangguh (Papua) dan Pulau Natuna.

3. Batubara

Batubara adalah salah satu berasal dari bahan bakar fosil yang terhitung didalam kategori tidak dapat diperbarui. Batubara terbentuk berasal dari hasil tumbuh-tumbuhan yang membusuk dan mengendap sepanjang jutaan tahun di didalam susunan bumi. Daerah penghasil batubara: Sawahlunto (Sumatra Barat), Tanjung Enim (Palembang), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Samarinda (Kalimantan Timur), Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan),Makassar dan Papua.

PERIKANAN

Perikanan di Indonesia dapat dibedakan jadi perikanan tangkap dan perikanan budi daya. Perikanan tangkap adalah bisnis penangkapan ikan di habitat aslinya seperti danau, sungai dan laut, tetapi perikanan budi daya adalah bisnis pembiakkan ikan pada suatu area khusus yang sesudah itu dapat dipanen.

HUTAN BAKAU (MANGROVE)

Hutan bakau (mangrove) adalah hutan yang berada di rawa payau atau lokasi pesisir. Wilayah pesisir adalah lokasi yang tergoda oleh pakai surut air laut. Selain itu hutan bakau terhitung membawa banyak seperti menghindar abrasi, area perlindugan hewan dan ikan, pariwisata dan penghasil kayu.

TERUNBU KARANG

https://www.biologi.co.id/ Terumbu karang adalah kumpulan karang-karang yang jadi area tinggal bagi banyak biota laut berukuran kecil. Karang disusun oleh suatu type hewan bernama polip yang hidup dengan menyerap kalsium karbonat berasal dari air laut. Ternyata terumbu karang terhitung membawa banyak kegunaan lho, seperti sebagai area hidup ikan, area pariwisata dan untuk penelitian.

Posted on: January 10, 2019, by : 9faxj