Mengenal Teks Tantangan

Mengenal Teks Tantangan

suatu perihal yang tengah kontroversial dan berkembang di masyarakat kebanyakan segera jadi viral di fasilitas sosial. Seperti bila pemberlakukan ketetapan ganjil genap di beberapa ruas jalanan ibukota Jakarta atau ketetapan pemerintah tentang bahan bakar bersubsidi. Nah, suatu perihal yang kontroversial pasti kebanyakan diikuti bersama dengan timbulnya argumen-argumen pendukung dan penentang. Hal inilah yang disebut bersama dengan teks tantangan.

Teks tantangan adalah teks yang berisi tentang informasi yang berisi bantahan pada suatu perihal yang kontroversial dan tengah berkembang di masyarakat. Teks ini disempurnakan bersama dengan argumen dan data-data yang mampu memperkuat bantahan tersebut. Teks tantangan kebanyakan ada dan jadi penyangga dalam sebuah debat.

Perhatikan kutipan teks tersebut!

Kebijakan Mobil Murah

Pemerintah dalam pas dekat bakal mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. Mobil ini, rencananya, bakal dioperasionalkan di wilayah pedesaan. Di samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. Supaya mampu berjalan bersama dengan baik, pemerintah bakal menambahkan insentif pajak bagi pembeli mobil yang ramah lingkungan.

Sejumlah kalangan menghendaki pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak pas sasaran dan bakal memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota. Kritik pada kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan itu disampaikan dalam bedah buku Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta karya A.M Fatwa di MerDesa Institut, Jakarta Pusat, Rabu, 2 April 2014. Buku itu bersumber berasal dari seminar “Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta serta Kesinambungan Infrastruktur dan Moda Transportasi” yang digelar pada Desember 2013.

Pada misal teks di atas, isu yang disampaikan adalah isu tentang kebijakan mobil murah. Dapat kami melihat jika pada awal teks dijelaskan lebih-lebih dahulu apa yang jadi persoalan atau isu apa yang bakal dibahas. Nah, selanjutnya barulah disebutkan argumen penentang berasal dari isu tersebut. Jadi, dalam mengungkapkan sebuah ketidak-setujuan haruslah diikuti bersama dengan alasan

Struktur Teks Tantangan

Isu atau masalah, merupakan bagian yang berisi tentang topik yang bakal dibantah, kebanyakan isu atau persoalan ini berisi tentang hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat atau fasilitas massa.
Contoh: Pemerintah dalam pas dekat bakal mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah.

Argumen, struktur teks yang berisi urutan bukti dan alasan yang berfungsi untuk menopang bantahan.
Contoh: Sejumlah kalangan menghendaki pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak pas sasaran dan bakal memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota.

Simpulan, berisi pengakuan yang memastikan bantahan.
Contoh: Kritik pada kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan itu disampaikan dalam bedah buku Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta karya A.M Fatwa di MerDesa Institut, Jakarta Pusat, Rabu, 2 April 2014. Buku itu bersumber berasal dari seminar “Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta serta Kesinambungan Infrastruktur dan Moda Transportasi” yang digelar pada Desember 2013.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Kalimat kompleks, merupakan kalimat yang miliki lebih berasal dari satu struktur dan satu verba
Kata rujukan, merupakan kata yang menunjukan rujukan sebagai pemberi informasi
Kata hubung, kata yang berfungsi untuk menghubungkan kata
Pilihan kata, agar ide teks mampu disampaikan bersama dengan baik.

Contoh Soal

Soal 1

Saya tidak setuju, saya tidak sependapat, tidak seperti itu bakal tetapi seperti ini.

Kalimat berikut jika berada dalam sebuah teks tantangan berada dalam struktur….

Isu
Argumen
Simpulan
Penutup
Jawaban : A

https://www.gurukelas.co.id/ Pembahasan : Argumen adalah struktur teks yang berisi urutan bukti atau alasan yang berfungsi untuk menopang bantahan. Kalimat berikut jika berada dala, sebuah teks tantangan bakal ditempatkan dalam struktur argumen yang bersifat sanggahan.

Posted on: January 10, 2019, by : 9faxj