Mengenal Tentang Metode Mengajar

Mengenal Tentang Metode Mengajar

Mengenal Tentang Metode Mengajar

Mengenal Tentang Metode Mengajar
Mengenal Tentang Metode Mengajar
  1. Pengertian Metode Mengajar

               Metode mengajar  merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran, kegiatan yang menghasilkan interaksi unsur – unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Winarno Surakhmad (2002: 148) metode mengajar adalah cara – cara pelaksanaan dari proses suatu pengajaran, atau sebagaimana teknisnya suatu bahan pelajaran di berikan kepada siswa- siswa di sekolah. Metode mengajar adalah cara yang digunakan  guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat belangsungnya pengajaran (Nana Sudjana, 1987:76).

              Metode mengajar adalah teknik penyajian yang digunakan oleh guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di kelas agar pelajaran tersebut ditangkap, dipahami, dan digunakan oleh siswa dengan baik. Metode mengajar untuk menyapaikan informasi kepada siswa akan berbeda dengan cara – cara yang memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, ketrampilan dan sikap (Roes N.K dan Yumiati Suharto, 2001:1).

Menjadi guru yang kreatif, profesional dan menyenangkan dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan memilih metode pembelajaran yang efektif, hal ini penting terutama untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.  Cara guru melakukan suatu kegaiatan pembelajaran mungkin memerlukan pendekatan dan metode yang berbeda dengan pembelajaran lainnya.

Berdasarkan definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa metode mengajar adalah cara – cara yang digunakan dalam proses pengajaran di kelas sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran yang optimal, penggunaan metode mengajar harus disesuaikan dengan dengan konteks belajar dan tujuan yang akan dicapai. Metode mengajar guru merupakan cara untuk melakukan aktivitas yang sistematis dari sebuah lingkungan yang terdiri dari guru dan siswa untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga  proses kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai. Peran guru di kelas sebagai implikasi dari proses pembelajaran yang optimal adalah sebagai fasilitator yang mampu mengembangkan kemampuan belajar anak. Dengan kata lain guru harus menguasai berbagai metode mengajar untuk menyampaikan materi pelajaran bagi siswa.

  1. Jenis – Jenis Metode Mengajar

Begitu banyak metode mengajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Syaiful Bahri Djamara dan Aswan Zain (2006: 83-98), menyebutkan macam – macam metode mengajar antara lain: metode proyek, metode eksperimen, metode tugas dan resitasi, metode diskusi, metode demontrasi, metode Problem Solving, metode karyawisata, metode tanya jawab, metode latihan, metode ceramah, metode studi kasus.

  1. Manfaat Metode Mengajar

Dalam mengajar suatu pokok bahasan (materi) tertentu harus dipilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Oleh karena itu dalam memilih suatu metode pembelajaran harus memiliki beberapa pertimbangan misalnya materi pembelajaran, tingkat perkembangan kongnitif siswa, dan sasaran atau fasilitas yang tersedia, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Dalam proses belajar mengajar, metode mengajar mempunyai manfaat yang besar. Prestasi belajar siswa akan ditentukan oleh penggunaan metode yang tepat yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. dengan tercapainya tujuan pembelajaran, maka akan dapat dikatakan bahwa guru telah berhasil dalam mengajar. Keberhasilan suatu pembelajaran akan dapat diketahui setelah diadakan evaluasi yang sesuai dengan rumusan pembelajaran.


(Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/)

Posted on: April 26, 2019, by : 9faxj