Pengertian ROM : Cara Kerja,Fungsi, dan Jenis ROM

Memahami ROM

Pengertian ROM (read-only memory) adalah jenis memori atau penyimpanan data dalam perangkat komputer yang permanen sehingga tidak mudah untuk diubah atau dihilangkan meskipun komputer tiba-tiba mati.

ROM termasuk dalam kelompok perangkat keras komputer dalam bentuk chip memori semikonduktor di mana konten hanya dapat dibaca untuk menyimpan data pada ROM tidak mudah. Biasanya ROM berisi program bawaan pabrik, sehingga umumnya digunakan untuk menyimpan firmware.

Cara kerja ROM

Sesuai dengan pengertian ROM di atas (memori hanya baca), prinsip pengoperasian ROM dalam perangkat komputasi sebenarnya sangat sederhana. Pemilik perangkat akan memasukkan data yang umumnya berupa perangkat lunak default pabrik pada chip ROM.

Selanjutnya, data dalam ROM akan disimpan secara permanen dan tidak dapat dihapus dalam perangkat output. Perhatikan bahwa tidak mungkin untuk memanipulasi isi ROM dan bahwa ROM hanya dapat diisi satu kali selama penggunaan.

Fungsi ROM (memori hanya baca)

Sebagai media penyimpanan, ROM berfungsi untuk menyimpan firmware dalam bentuk perangkat lunak atau yang sering disebut perangkat lunak. Perangkat lunak yang biasanya mengisi ROM, misalnya, dikaitkan dengan perangkat keras seperti ROM BIOS (Basic Input Output System).

BIOS akan secara otomatis menyala ketika komputer dinyalakan tanpa perlu mengaktifkan media penyimpanan seperti pada sistem memori lain seperti RAM. Sehingga dalam kecepatan hak akses, media ROM lebih cepat dari media penyimpanan lainnya.

Dalam peralatan komputer modern, BIOS disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulis ulang secara elektrik atau disebut flash ROM.

Jenis ROM

Karena sifatnya yang tidak mudah untuk diubah dan tidak mudah hilang seperti yang dijelaskan dalam istilah ROM (read only memory), sistem penyimpanan dalam ROM sekarang sering digunakan sebagai alternatif bagi perusahaan untuk menyimpan dokumen rahasia atau dokumen penting. Beberapa jenis ROM yang biasa digunakan meliputi:

1. Stock ROM
Ini adalah jenis ROM yang merupakan pengaturan default sistem operasi (dalam modul default) dan belum dimodifikasi.

Stock ROM berisi fitur dan tampilan yang masih standar pabrik dan belum mengalami banyak perubahan oleh pengembang. Biasanya ROM jenis ini ditemukan di perangkat Apple IOS dan Palm WebOS.

2. ROM Khusus
Untuk jenis ROM yang satu ini sangat cocok untuk menyimpan data perusahaan yang penting karena sifatnya yang dapat dikustomisasi atau dimodifikasi sendiri. Custom ROM sering digunakan oleh pengembang independen yang hobinya mengutak-atik perangkat komputer.

ROM kustom ini dikembangkan langsung oleh Google dan sistem operasinya, yang juga ditemukan di perangkat Android.

3. ROM dari produsen atau operator
Tipe ketiga ini juga dapat disebut Carrier Stock ROM yang telah menerima modifikasi dari pabrik atau dari operator jaringan.

Perubahan pada ROM seperti ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan khusus pada aplikasi. Jadi jenis ROM ini jarang ditemukan pada perangkat PC dan sebaliknya lebih sering diterapkan pada perangkat Android.

Jadi ini adalah ulasan tentang pengertian ROM dan fungsi serta tipenya. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait : rumus guru

Posted on: August 31, 2019, by : 9faxj