Pengertian Asam Selenat Beserta Sifatnya

asam selenat

Pengertian asam selenat

Asam selenat adalah senyawa kimia dengan rumus H2SeO4. Ini adalah oksida asam dari selenium dan strukturnya paling banyak diikuti (HO) 2SO2.
dihentikan oleh teori VSEPR, pusat selenium adalah tetrahedral, dengan panjang Se-O pada jam 161 malam. Dalam keadaan padat, penelitian asam mengkristal sebagai struktur ortorombik.

Nama asam IUPAC adalah asam selenitic (IV), nama lain untuk asam selenic.

Sifat-sifatnya adalah:

Rumus molekul: H2SeO4
Berat Molekul: 144.973 gr / mol
Penampilan: tidak berwarna, kristal deliquescent
Kepadatan: 2,95 gr / cm3, padat
Titik fusi: 58 ° C (136 ° F, 331 K)
Titik didih: 260 ° C (500 ° F, 533 K) (terdekomposisi)
Kelarutan dalam air: 130 g / 100 ml (30 ° C)
Keasaman (pKa): serupa dengan H2SO4
Indeks refraksi (nD): 1,5174 (garis-D, 20 ° C)
Bentuk molekuler: Tetrahedral di Se
Bahaya utama: korosif, sangat beracun

Pembuatan

Karena ketidakstabilan selenium trioksida, tidak praktis untuk mensintesis asam selenico melarutkan trioksida selenium dalam air, dengan pengecualian asam sulfat, yang dapat disintesis dengan melarutkan sulfur trioksida dalam air. Sebaliknya, itu harus menjadi perintah oksigen dalam keadaan dengan oksidasi inferior.
Tidak puas untuk asam selenat adalah oksidasi dioksida di seluruh hidrogen peroksida:
SeO2 + H2O2 → H2SeO4
Untuk mencapai asam, padatan kristal telah datang, suatu larutan yang menguapkan suhu pada 140 ° C (413 K; 284 ° F) dalam ruang hampa.
Asam selenic (H2SeO3) dengan halogen, seperti klorin atau bromin, atau dengan kalium permanganat. Namun, penggunaan klorin sebagai oksidan menghasilkan asam klorida atau asam bromida sebagai produk sampingan, yang membutuhkan asam Selenic dalam asam selenitic.

Cara lain untuk membuat asam selena adalah dengan mengoksidasi unsur selenium dalam suspensi air dengan klorin:
Jika + 4 H2O + 3 Cl2 → H2SeO4 + 6 HCl

Kimia

Seperti asam sulfat, asam selenic adalah asam kuat yang bersifat higroskopis dan sangat larut dalam air. Larutan pekat padat. Kristal mono dan dihidrat dikenal. Monohidrat dilarutkan pada 26 ° C dan dihidrat melarutkan pada -51,7 ° C.
Asam selenat adalah pungoksuido yang lebih kuat dari asam sulfat, yang mampu membebaskan klorin dari khlorida, yang hanya sedikit asam selenitic dalam proses ini:
H2SeO4 + 2 H + + 2 Cl- → H2SeO3 + H2O + Cl2
Ini terurai di atas 200 ° C, yang melepaskan oksigen dan direduksi menjadi asam pada selenit:
2 H2SeO4 → 2 H2SeO3 + O2
Asam selene bereaksi dengan garam barium yang memasok endapan ke BaSeO4, analog dengan garam sulfat. Umumnya, garam sering seperti megamsulfat, tetapi lebih mudah larut. Banyak dari pasta sekarang struktur kristal yang sama seperti sulfat sulfat yang terkait.

Sumber : RumusRumus.com

Posted on: November 5, 2018, by : 9faxj