Pengertian dan Pengelompokkan Pasar dalam Ekonomi

Pengertian dan Pengelompokkan Pasar dalam Ekonomi
Siapa yang tidak mengenal pasar?
Pasar adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk untuk melakukan transaksi jualbeli berbagai produk atau jasa. Pasar juga didefinisikan sebagai serangkaian sistem dan tidak hanya sebatas tempat dimana sistem tersebut mampu mengatur kepentingan antara pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Sistem tersebut dijadikan sebagai aturan dari berbagai segmen termasuk semua pihak-pihak yang terkait diantaranya pihak penjual dan pihak pembeli, berbagai produk yang diperjual belikan dan peraturan-peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mana telah disepakati oleh semua pihak terkait. Pasar juga memiliki keterkaitannya dengan berbagai peraturan pemerintah sehingga dapat saling berkesinambungan, berhubungan dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.
Pasar dapat digolongkan menjadi dua kategori
Perbedaan yang kedua
adalah pihak yang melakukan permintaan pada pasar produksi adalah pihak rumah tangga produsen. Yang ketiga, pemilik faktor produksi (rumah tangga konsumen) harga faktor produksi disebut dengan istilah sewa, upah, keuntungan, dan bunga. Yang keempat, pengeluaran rumah tangga produsen pada pasar produksi disebut biaya. Dan yang terakhir, barang yang diperjualbelikan pada pasar produksi adalah faktor produksi.
Sedangkan pasar komoditas adalah bentuk interaksi dalam penentuan jumlah serta harga komoditas yang dilakukan diantara pembeli dan penjual. Sebenarnya, pasar memiliki 3 fungsi yaitu fungsi distribusi (memperpendek jarak transaksi antara produsen dan konsumen), fungsi pembentukan harga (kesepakatan penentuan harga antara penjual dan pembeli), dan fungsi promosi. Sedangkan dalam wujudnya,pasar dibedakan menjadi pasar konkret (pasar yang dapat dilihat langsung) dan pasar abstrak (pasar yang transaksi dan lokasinya tidak dapat dilihat secara langsung).
Baca Artikel Lainnya: