Pengertian Klorofil

Pengertian Klorofil

Pengertian Klorofil

Pengertian Klorofil

Klorofil merupakan

pigmen hijau, klrofil dapat ditemukan dalam berbagai organisme termasuk tumbuhan, alga dan cyanobacteria. Klorofil ialah salah satu faktor yang paling penting untuk fotosintesis. Klorofil menyerap cahaya di daerah biru dan merah dari spektrum yang telihat dan mencerminkan warna hijau kembali.

Tanaman, alga dan prokariota mensintesis klorofil. Ada banyak jenis klorofil mereka termasuk klorofil a, klorofil b, c dan klorofil d. Klorofil ialah yang peling melimpah, klorofil yang ada dalam beberapa bentuk memiliki puncak serapan merah pada panjang gelombang yang sedikit berebeda. P700 dalam sistem foto I dan P680 dalam sistem foto II ialah dua contoh.


Klorofil memiliki pola karakteristik penyerapan cahaya “menyerap cahaya terutama biru dan merah dan memantulkan cahaya hijau”. Molekul klorofil memiliki kepala hidrofilik dan ekor hidrofobik. Kepala hodrpfilik diproyeksikan ke luar membran tilakoid. Ekor hidrofobik diproyeksikan ke membran tilakoid.


Menangkap bagian cahaya dari molekul sering bergantian ikatan tunggal dan ganda. Elektron bebas dapat bermigrasi sekitar molekul, ikatan ini mengandung eletron yang mampu dipindahkan ke tingkat energi yang lebih tinggi dengan menyerap cahaya. Cincin ini memiliki potensi untuk memberikan eletron berenergi pada molekul lain.


Pada umumnya klorofil banyak meresap sinar merah dan nila, klorofil larut dalam etanol atau alkohol, aseton, methanol, eter, bensol, kloroform, tetapi tidak sama dalam air. Untuk memisahkan klorofil a dan klorofil b dan pigmen lain (karoten, xanthophyl) dengan teknik kromatografi.


Klorofil a

Klorofil a adalah suatu senyawa kompleks antara magnesium dengan porfirin yang mengandung cincin siklopentanon (cincin V). Keempat atom nitrogennya dihubungkan secara ikatan. Koordinasi dengan ion Mg2+ membentuk senyawa kompleks planar yang mantap.


Rantai sampingnya yang bersifat hidrofob adalah suatu terpenoid alkohol dan fitol yang dihubungkan secara ikatan ester dengan gugus propionat dari cincin IV. Klorofil a merupakan salah satu bentuk klorofil yang terdapat pada semua tumbuhan autotrof.Rumus kimia klorofila C55H72O5N4Mg.


Klorofil b

Klorofil b adalah klorofil kedua yang terdapat pada tumbuhan hijau. Klorofil b juga terikat pada proteindidalam sel. Klorofil B terdapat pada ganggang hijau chlorophyta dan tumbuhan darat. Rumus kimianya C55 H70 O6 NMg.


Klorofil a dan klorofil b paling kuat menyerap cahaya bagian merah dan ungu spektrum,cahaya hijau yang paling sedikit diserap maka apabila cahaya putih menyinari struktur-struktur yang mengandung klorofil seperti misalnya daun maka sinar hijau akan dikirimkan dan dipantulkan sehingga strukturnya tampak berwarna hijau. Karoten termasuk ke dalam kromoplas yaitu plastida yang berwarna dan mengandung pigmen selain klorofil.


Sumber:

https://sky3dsofficiel.com/2020/04/17/physics-puzzles-apk/

Posted on: April 18, 2020, by :