Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen

Menurut Effendi (dalam Mulyono, 2008)

manajemen berasal dari kata kerja “manage”. Kata ini, menurut kamus the random house dictinary og the english language, callege edition, berasal dari kata  bahasa italia “managg (iare)” yang bersumber dari bahasa latin “manus” yang berarti “tangan”. Secara hafiah manegg (iare) berarti “manangani atau melatih kuda”. Sementara secara maknawiah berarti “memimpin, membimbing atau mengatur”.

Kerja bahasa inggris “to manage

Ada juga yang berpendapat bahwa manajemen berasal dari kata kerja bahasa inggris “to manage” yang sinonim dengan to hand, to control, dan to guide (menguras, memeriksa, dan memimpin). Untuk itu dari kata ini manajemen dapat diartikan pengurus, pengendalian, memimpin atau membimbing.

Dibawah ini beberapa pendapat tentang menjelaskan tentang pengertian manajemen :

  1. George R. Terry menyatakan “management is a distince process consisting og planning, org
  2. anizing, actuating, and controllin georformen to determine and accomplish stated objectives by use of human being an other resources (manajemen merupakan proses yang khas, yang terdiri dari tindakan, perencanaan pengorganisasian, penggiatan dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai pemanfaatn sumber daya manusia dan sumber-sumber lain).
  3. Sandang P. Siogian mengatakan “manajemen adalah kemampuan dan ketrampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.
  4. Melayu S.P Hasibuan menyatakan “manajemen adalah Ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan tertentu (Mulyono, 2008).

Sedangkan Menurut H. Koonez & O’Dannel

dalam bukunya principles of management dikemukakan bahwa manajemen berhubungan dengan pencapaian tujuan yang dilakukan melalui orang lain (Purwoko: 2008)

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa manajemen adalah sudut proses yang khas terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan serta evaluasi bersama dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Sumber : https://insightmaker.com/article/170742/How-To-Prevent-Air-And-Soil-Pollution

Posted on: July 15, 2019, by : 9faxj