PENGERTIAN PERSONAL PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN PERSONAL PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN PERSONAL PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

 

PENGERTIAN PERSONAL PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

Dalam belajar bahasa inggris pasti kita akan menemui pronoun. Apa itu pronoun? Dan apa fungsinya? Pronoun atau dalam bahasa indonesia kita menyebutnya sebagai kata ganti, dan fungsinya adalah untuk menggantikan noun dalam kalimat. pronoun memiliki beberapa macam, utnuk lebih jelasnya silahkan baca postingan pengertian dan macam-macam pronoun dalam bahasa inggris. Pada perjumpaan kali ini kita akan membahas salah satu jenis pronoun yaitu Personal pronoun. Apa itu personal pronoun? Dan apa fungsinya? Untuk mengetetahuinya silahkan ikuti pembahasan berikut ini.

Pengertian Personal Pronoun

Personal pronoun adalah sebuah pronoun(kata ganti) yang digunkan untuk menggantikan noun(kata benda) yang bisa berupa, orang, hewan, benda, dan hal yang spesifik dalam kalimat. Personal pronoun diantaranya adalah “I, you, they, we, she, he, it, us, me, her, his, them, us, mine, yours, its, theirs, ours, etc”. Pemeilihan pronoun tergantung pada peran/posisi(subject, object, possessive), jumlah, orang ke-, dan gender dari noun yang digantikannya.

Sudut Pandang Person(first, second, third) pada Personal Pronoun
Personal pronoun dapat menempati posisi sebagai sudut pandang orang ke-1st person(pertama), 2nd person(kedua), atau 3rd person(ketiga). Penjelasan dan contoh kalimatnya sebagai berikut.

Contoh kalimat personal pronoun

Sudut pandang 1st person(orang pertma) adalah sudut pandang yang digunakan ketika sedang berbicara sebagai orang pertama (diri sendiri), sudut pandang 1st person(orang pertma) dapat menggunakan pronoun antara lain: “I, me, we, us”.

I do not like fish because they smell fishy.
Aku tidak suka ikan karena mereka berbau amis.

We plan to go to Singapura next week.
Kita merencanakan pergi ke Singapura minggu depan.

Sudut pandang 2st person(orang kedua) adalah sudut pandang yang digunakan ketika kita sedang berbicara dengan orang lain(orang ke-dua). Sudut pandang 2st person(orang kedua)dapat menggunakan pronoun(kanta ganti) yaitu: :“you”.

Sudut pandang 3st person(orang ketiga) adalah sudut pandang yang digunakan ketika membicarakan seseorang (orang lain bertindak sebagai orang ketiga). kita dapat menyebut namanya pada permulaan pembicaraan, selanjutnya diganti dengan pronoun(kata ganti) orang ketiga antara lain: “she, he, it, her, him, it, they, them”

Andi is a student in some University. He is smart and responsible about what he is done. He always teach other students who do not know about the lesson until they understand.
(Andi adalah seorang mahasiswa di sebuah Universitas. Dia pintar dan bertanggung jawab dengan yang dilakukannya. Dia selalu mengajarkan siswa lainnya yang tidak mengerti tentang pelajaran sampai mereka paham.)

Case(subjective, objective, & possessive) Personal Pronoun

Personal pronoun dalam kalimat bisa diposisikan sebagai subjek, objek, maupun kepemilikan(possessive). untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Subjective personal pronoun

Subjective personal pronoun berarti di sini personal pronoun difungsikan sebagi subjek dalam kalimat. Subjective personal pronoun antara lain singular(I, you, she, he, it) dan plural (you, they, we)

Obejective Personal pronoun

Obejective Personal pronoun berarti di sini personal pronoun difungsikan sebagi objek dalam kalimat, antara lain:

Direct object
Indirect object
Object of preposition
Obejective Personal pronoun antara lain: singular(me, you, him, her, it) dan plural(us, you, them).
Personal pronoun sebagai direct object:
I saw him at Yuni’s birthday party yesterday.
Aku melihat dia di pesta ulang tahun Yuni kemarin.
Personal pronoun sebagai indirect object:
The terorist shoots a man who tries to fight him.
Teroris itu menembak seorang laki-laki yang coba melawan dia.

Personal pronoun sebagi object of preposition:
I invite Yuni going toYogyakarta with us.
Aku mengajak Yuni pergi ke Yogyakarta dengan kita.

Possessive Personal Pronoun

Possessive Personal Pronoun berarti di sini difungsikan untuk menunjukkan kepimilikan terhadap sesuatu dengan ditempatkan pada subject of a sentence atau subject complement. Possessive Personal Pronoun antara lain: singurlar(mine, yours, his, hers, its) dan plural(ours, yours, theirs).

Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian personal pronoun dan contoh kalimatnya. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.com/

Posted on: January 8, 2019, by : 9faxj