Pengujian Aplikasi dengan AutoIt

Pengujian Aplikasi dengan AutoIt

Pengujian Aplikasi dengan AutoIt

Pengujian Aplikasi dengan AutoIt
Pengujian Aplikasi dengan AutoIt

Pengujian perangkat lunak menurut Galin adalah proses formal yang dilakukan oleh tim khusus pengujian dimana suatu unit perangkat lunak, beberapa unit perangkat lunak yang terintegrasi atau paket perangkat lunak yang diperiksa secara keseluruhan dengan menjalankan program pada komputer.

Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menguji aplikasi adalah AutoIt. AutoIt adalah suatu interpreter yang freeware untuk otomasi pengujian software di Windows,  dan merupakan alternatif dari ScriptIt yang merupakan bawaan dari Windows NT. ScriptIt digunakan untuk membuat script batch yang digunakan untuk mengotomatisasi pekerjaan administrator di lingkungan Windows NT.

AutoIt merupakan software yang khusus dikembangkan untuk melakukan otomasi. Tetapi penggunaannya bisa dikembangkan untuk membuat program yang digunakan untuk melakukan pengujian software yang diotomasi, sehingga proses pengujian secara manual tidak perlu lagi dilakukan. Penguji bisa juga melakukan penjadwalan kepada komputer, untuk menjalankan file script yang berisi urutan pengujian program yang dilakukan.

Fasilitas otomasi program di lingkungan Windows NT ini sudah ada sejak 1998. AutoIt merupakan software baru beberapa tahun. Tetapi tetap dikembangkan, sedangkan ScriptIt sudah tidak dikembangkan. AutoIt awalnya ditujukan untuk keperluan “roll-out” untuk mengotomatiskan dan mengkonfigurasi ratusan PC, namun seiring jalan berkembang menjadi sebuah bahasa scripting yg mumpuni yang mendukung banyak expression, user-function, loop, dan sebagainya.

Prinsip kerja dari ScriptIt dan AutoIt sangat sederhana, hanya dengan menuliskan urutan pekerjaan pada saat melakukan uji pada suatu program.Langkah-langkah pengujiannya sebagai berikut :

  1. Jalankan aplikasi. Setelah aplikasi muncul, lakukan pemasukan data. Kemudian tekan kunci <enter> atau <tab>, terus sampai selesai. Langkah-langkah pengujian program cukup dituliskan ke dalam file teks. Tentu saja sebelumnya program aplikasi harus dijalankan, kemudian setiap langkahnya dituliskan ke dalam notepad.
  2. Setelah memiliki file yang berisi script untuk menjalankan program tersebut, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memerintahkan AutoIt untuk menjalankan file script tersebut. Komputer langsung menjalankan semua urutan perintah tersebut.

Untuk kebutuhan proses otomasi, penguju harus dapat mengidentifikasi objek-objek yang ada dalam suatu form aplikasi. Untuk mengidentifikasi ini, ternyata sudah disediakan oleh Microsoft bersamaan dengan Visual C++-nya, yaitu program Spy++. Selain Spy++, ada juga Winspector Spy, WinInfo, dan AutoIt Windows Info.

Sumber : https://uptodown.co.id/

Posted on: August 30, 2019, by : 9faxj