PENTINGNYA MENU SEIMBANG PADA BALITA

PENTINGNYA MENU SEIMBANG PADA BALITA

Sebelum merealisasikan menu seimbang untuk si Kecil, butuh Ibu simaklah ya bahwa diet sehat balita tentunya bertolak belakang dengan diet sehat orang dewasa. Tentunya sebab kebutuhan gizinya juga bertolak belakang dengan keperluan gizi Ibu.

Porsi Makan si Kecil

Jangan samakan keterampilan melahap makanan balita dengan orang dewasa. Ingat lho, Bu, ukuran perutnya saja mungkin melulu 1/5 ukuran perut Ibu. Pada masa ini yang ia butuhkan ialah makanan berporsi kecil, tetapi kaya kandungan nutrisi urgen dan kalori.

Untuk mengisi kebutuhannya tersebut, balita Ibu mesti terbiasa dengan pola santap yang terdiri dari tiga kali santap menu menyeluruh berimbang dan dua kali camilan sehat di antaranya.

Kebutuhan Energi dan Nutrisi

Jika Ibu hendak si Kecil tumbuh sehat secara jasmani dan mental, mari perhatikan asupan nutrisinya. Terdapat 7 unsur urgen nutrisi yang mesti tidak jarang kali Ibu penuhi untuknya, yaitu: karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, serat, dan air.

Sebenarnya, tidak sedikit lho jenis makanan yang sudah berisi kombinasi nutrisi itu di atas. Misalnya, susu sapi, yang berisi air, karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Tapi, susu sapi tidak cukup berisi serat. Sedangkan roti, tak melulu berisi karbohidrat, namun pun protein, lemak, serat, mineral, vitamin, dan tidak banyak air

Pada dasarnya, seluruh orang memerlukan kombinasi ketujuh nutrisi itu di atas. Tapi, jumlah dan proporsinya tentu bertolak belakang sesuai dengan umur dan aktivitasnya.

Balita memerlukan menu berimbang yang kaya lemak dengan kandungan serat ingin rendah. Ibu bisa memenuhi keperluan seratnya dari sayuran dan buah. Konsumsi lumayan serat dapat menolong memperlancar sistem pencernaan si Kecil. Tapi, tidak boleh terlalu berlebihan pun ya, Bu. Terlalu tidak sedikit serat dapat menciptakan perut si Kecil terasa penuh. Akibatnya nafsu makannya, asupan energi dan nutrisi ingin akan berkurang.

Sumber : http://4allforum.com/away.php?to=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id/

Posted on: October 3, 2019, by : 9faxj