Perbedaan blog dengan website

Perbedaan blog dengan website

Perbedaan blog dengan website

Blog itu bagian dari website (situs web). Dengan kata lain, sebuah blog sudah pasti sebuah website, tapi sebuah website belum tentu sebuah blog. Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaratnya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu.

Perbedaan blog dengan website

Satu hal yang menarik, menurut Jeff Korhan, Google menyukai blog karena konten yang dipublikasikannya itu segar, relevan, dan aktual. Jika berkualitas tinggi, justru blog yang biasanya ada di peringkat teratas hasil pencarian Google.

Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari sisi:

Kepemilikan
Tampilan
Domain – Hosting
Gaya Bahasa
Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan. Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya –dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS Wordpress misalnya.

Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional. (Lihat misalnya: Template Blog SEO Responsif).

Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa “formal” layaknya website.

2.3. Platform blog

Sejak kehadiran blogger, bermunculan situs penyedia blog gratis sehingga menjadi alternatif bagi para blogger untuk membuat blog. Situs The Next Web mencatat 15 platform blog terbaik di dunia saat ini.

WordPress (WordPress.com dan WordPress.org)
Blogger (Blogspot.com)
Tumblr
Medium
Svbtle
Quora
Postach.io
Google+
Facebook Notes
SETT
Ghost
Squarespace
Typepad
Posthaven
LinkedIn Influencers
Berdasarkan rangking popularitas di Alexa, ada dua platform blog teratas atau paling banyak dikunjung user di level global, yaitu:

Blogger/Blogspot
Wordpress

sumber :

https://multiply.co.id/cowboy-hunting-apk/

Posted on: April 11, 2020, by :