Perencanaan Pemasaran

Perencanaan Pemasaran

Rencana pemasaran adalah proses penentuan pendekatan komprehensif yang jelas kepada keinginan konsumen. Pengembangan rencana pemasaran perlu memperhatikan beberapa unsur berikut:

Riset pemasaran

Riset ini dilakukan untuk mengidentifikasi konsumen, produk yang diinginkan, dan cara pembelian mereka.

  1. Riset penjualan

Riset dilakukan untuk keperluan promosi dan distribusi berdasarkan temuan riset pemasaran.

  1. Sistem informasi pemasaran

Sistem informasi pemasaran ini digunakan untuk keperluan penghimpunan, penyeleksian, analisis, penyimpanan, dan penyebaran informasi pemasaran.

  1. Peramalan penjualan

Peramalan penjualan digunakan untuk mengoordinasikan keputusan pribadi dengan informasi pasar yang akurat.

  1. Rencana pemasaran

Rencana pemasaran digunakan untuk merumuskan rencana pencapaian tujuan dalam pemasaran jangka panjang dan penjualan.

  1. Evaluasi

Evaluasi dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menilai penyimpangan dari rencana pemasran.

  1. Pasar Sasaran dan Segmentasi

Dalam memasarkan produk-produknya produsen selalu akan  menentukan pasar sasarannya agar produk yang dijual dapat  terserap pasar. Dalam batas tertentu, setiap orang adalah segmen pasar tersendiri karena tidak ada dua atau lebih orang yang tepat sama dalam motivasi, kebutuhan, proses keputusan dan prilaku pembelian. Dengan demikian, tujuan segmentasi pasar adalah untuk mengidentifikasi berbagai kelompok dalam pasar yang lebih luas yang mempunyai kesamaan dalam kebutuhan dan respons terhadap tindakan promosi dan bauran pemasaran yang terpisah. Selanjutnya pemasar mencari korelasi kelompok yang ditetapkan berdasarkan kebutuhan dan daya reaksi mereka terhadap sifat.

  1. Masalah dan kendala dalam perencanaan pasar
  • Kemampuan peramalan

Kemampuan untuk mengantisipasi kejadian yang akan datang dalam dunia bisnis.

  • Akses kepada sumber informasi

Terbatasnya sumber informasi yang diterima, jadi kita tidak mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan.

  • Waktu yang terbatas

Waktu yang terbatas dalam membuat rencana, jadi perencanaan yang dibuat tidak matang.

  • Koordinasi proses perencanaan

Tidak adanya koordinasi dalam membuat perencanaan

  • Implementasi perencanaan pasar

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/

Posted on: July 16, 2020, by :