Pertemuan Keempat MYOB

Pertemuan Keempat MYOB

Pertemuan Keempat MYOB

Pertemuan Keempat MYOB
Pertemuan Keempat MYOB

MYOB menyediakan modul Banking untuk digunakan menulis cek yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan memanfaatkan modul ini, anda dapat melakukan rekonsiliasi akun-akun cek, sehingga saldo akun cek perusahaan sesuai dengan rekening Koran yang dimiliki perusahaan lain. Fitur-fitur yang disediakan dalam modul Banking antara lain :

Spend Money, diartikan sebagai transaksi yang bersifat mengeluarkan uang untuk keperluan usaha. Transaksi yang dicatat dalam menu ini seperti membeli perlengkapan (ATK), membayar biaya, mengeluarkan cek dari bank untuk keperluan intern maupun ekstern. Bisa disimpulkan Spend Money adalah pengeluaran uang selain untuk membayar hutang dagang. Jika untuk membayar hutang dagang maka akan dicatat di menu Purchase-Pay Bills.
Receive Money, adalah kebalikan daripada Spend Money. Menu ini digunakan untuk mencatat jenis transaksi penerimaan kas/bank selain dari customer, seperti penerimaan pinjaman uang, pengembalian pinjaman dari karyawan, penjualan aktiva selain inventory dan lainnya.
Prepare Bank Deposit, Menu ini adalah proses pencairan cek dan giro yang diterima dari customer atau card yang lainnya.
Print Cheque, Anda dapat membuat voucher pengeluaran dengan menu ini, atau dapat mencetak secara langsung dari komputer.
Bank Register, hampir sama dengan General Ledger. Perbedaan yang ditampilkan hanyalah account list dengan type Detail Cheque Account. Di dalam bank register Anda dapat melihat mutasi setiap bank sekaligus Anda juga langsung dapat memasukkan transaksi lewat menu tersebut.
Reconcile Account, digunakan untuk merekonsiliasi catatan bank dengan catatan menurut perusahaan. Perusahaan perlu secara berkala merekonsiliasi aktiva perusahaan dengan bank, agar ada keakuratan data dengan rekening koran dari bank yang diterima. Biasanya rekonsiliasi bank ini, sering digunakan pada akhir bulan dengan acuan rekening Koran dari bank.

General Report
Account : menampilkan laporan yang jurnalnya dicatat lewat akun yang terdaftar.
Banking : menampilkan laporan yang memuat pengeluaran dan pendapatan menggunakan kas, termasuk rekonsiliasi, aliran kas, deposito bank.
GST/Sales Tax : menampilkan laporan yang memuat semua pajak dan biaya penjualan lainnya.
Sales :menampilkan laporan yang memuat semua penjualan perusahaan
Purchase :menampilkan laporan yang memuat semua pembelian yang dilakukan perusahaan
Inventory : menampilkan laporan yang memuat semua informasi yang berhubungan dengan persediaan perusahaan
Card File : menampilkan semua laporan yang memuat semua yang berhubungan dengan pemasok dan pelanggan.
Custom :merupakan laporan tambahan untuk menampilkan laporan yang memuat semua kebutuhan bagi perusahaan..

Analysis Report
Laporan Neraca (Balance Sheet) adalah laporan yang berisikan keseimbangan antara akun-akun yang ada dalam perusahaan yang terdiri dari harta, utang/kewajiban dan modal pada saat tertentu.
Laporan Laba/Rugi (Profit & Loss) merupakan laporan pendapatan dan biaya dari satu kesatuan perusahaan untuk jangkaa waktu tertentu, misalnnya 1 bulan atau 1 tahun. Dimana hasil dari laporan tersebut adalah laba/rugi dari suatu perusahaan dalam periode tertentu.
Laporan Arus Kas (Cash Flow) adalah laporan yang berhubungan dengan transaksi-transaksi yang baru akan diterima atau dibayar oleh perusahaan kepada customer atau supplier.
Laporan Persediaan (Inventory) adalah laporan keuangan yang menginformasikan tentang barang-barang dari perusahaan.
Laporan Penjualan (Sales) adalah laporan keuangan yang menginformasikan tentang transaksi-transaksi penjualan dari perusahaan kepada pelanggan.
Laporan Pembelian (Purchases) adalah laporan keuangan yang menginformasikan tentang transaksi-transaksi pembelian yang dilakukan oleh perusahaan.

Baca :

Posted on: October 29, 2019, by : 9faxj