Populerkan Koperasi Sekolah

Populerkan Koperasi Sekolah

Populerkan Koperasi Sekolah

Populerkan Koperasi Sekolah
Populerkan Koperasi Sekolah

Secara umum, di Jawa Barat terdapat 802 koperasi negeri yang aktif dan 16.343 unit koperasi yang bergerak di berbagai sektor. Dinas Pendidikan Jawa Barat mendorong siswa untuk menghidupkan Koperasi Sekolah. Koperasi sekolah ini bisa dijadikan tempat untuk siswa belajar bisnis dan ilmu lainnya yang tidak di dapat di kelas.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi saat memberikan arahan dalam peluncuran program Koperasi Sekolah di Harris Convention Hall, Jl. Bulevar Barat, Summarecon Bekasi, Kota Bekasi. Program ini menjadi salah satu cara mensosialisasikan koperasi sekolah.

“Tujuan program Koperasi Sekolah ini agar tersosialisasinya perkoperasian

di sekolah-sekolah di Jawa Barat,” ungkap Hadadi sebagaimana dikutip dari rilis Humas Pemprov Jabar.

Program koperasi inidilaksanakan sebagai bentuk kaderisasi koperasi untuk generasi muda tingkat SMA/SMK di Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan roda bisnis dalam koperasi sekolah bisa bergeser dari sistem manual ke sistem online. Menurutnya zaman sekarang semua sudah serba online. Dengan teknologi digital tersebut, koperasi akan lebih mudah diakses.

“Dunia semakin terkoneksi, saya titip koperasi pun hari ini harus bergeser dari manual

— dari banyak biaya yang tidak perlu menggunakan sistem online. Maka Jawa Barat lima tahun ke depan akan dijadikan provinsi digital Indonesia,” ungkap Emil.

Sosialisasi ini mulai digelar pada 6-15 November 2018 di 60 sekolah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II dan III. Terdiri dari 37 sekolah di Kota Bekasi, tiga sekolah di Kabupaten Bekasi, 17 sekolah di Kota Depok, dan tiga sekolah di Kota Bogor.

Sebanyak 2.000 siswa dan 1.808 guru dan kepala sekolah terlibat dalam program ini.

Program Koperasi Sekolah menargetkan 18.000 orang siswa dari 60 sekolah Cabang Dinas Pendidikan di Wilayah II dan III. Harapannyagenerasi muda khususnya siswa SMA/SMK di seluruh Jawa Barat untuk menjadi anggota koperasi di sekolahnya.***

 

Baca Juga :

Posted on: August 30, 2019, by : 9faxj