Sabet Penghargaan, Biasakan Jaga Lingkungan Bersih

Sabet Penghargaan, Biasakan Jaga Lingkungan Bersih

Sabet Penghargaan, Biasakan Jaga Lingkungan Bersih

Sabet Penghargaan, Biasakan Jaga Lingkungan Bersih
Sabet Penghargaan, Biasakan Jaga Lingkungan Bersih

Demi terciptanya sekolah bersih dan sehat, seorang ibu dengan ikhlas menata

dan membersihkan lingkungan SDN Kedungbadak 2 di Jalan Kolonel Enjo Martadisastra No.3, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.

BAHKAN, sekolah penyandang ser­tifikat piagam penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Kota Bogor yang diberikan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya pada 10 Febuari 2017 lalu, terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan dan ke­bersihan terhadap lingkungan sekolah.

”Sejauh ini kami terus mengopti­malkan kedisiplinan dan kebersihan lingkungan sekolah

dengan cara mem­biasakan menjaga lingkungan agar tetap bersih kepada siswa dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujar Kepala SDN Kedungbadak 2, Siti Nurmi, saat ditemui di sekolah, Jumat, (31/8/2018).

Siti menjelaskan, untuk menerapkan disiplin terhadap perserta didik, pi­haknya berkerjasama

dengan komite sekolah dan orangtua siswa. Bahkan, ada orang tua murid, rela membersi­hkan lingkungan sekolah, tanpa di­beri honor. ”Kami memanfaatkan barang bekas (botol mineral) untuk dibuat pot bunga dan memilah sam­pah kering dan basah untuk dibuat ekobrik yang digunakan untuk mem­buat pagar yang mana bunga dan barang bekas ini dikumpulkan oleh siswa dan orang tua pun turut ber­partisipasi di dalamnya,” paparnya.

Katanya, upaya yang kita lakukan bukan untuk memberatkan siswa. Tetapi, kami membiasakan saat ini, agar kedepan mereka sudah terbi­asa menjaga kebersihan lingkungan dan lihat sampah ambil (LISA) bukan hanya slogan tetapi harus diterapkan.”Kami mendidik siswa agar memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah dari hati nurani sendiri betapa pentingnya kebersi­han bagi kesehatan karena kebersi­han pangkal kesehatan,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/

Posted on: October 28, 2019, by : 9faxj