Sekolah Satu Atap Wujudkan Mimpi Warga Segeram

Sekolah Satu Atap Wujudkan Mimpi Warga Segeram

Sekolah Satu Atap Wujudkan Mimpi Warga Segeram

Sekolah Satu Atap Wujudkan Mimpi Warga Segeram
Sekolah Satu Atap Wujudkan Mimpi Warga Segeram

Kampung Segeram, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna

, Kepulauan Riau memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Dengan cadangan minyak dan gas buminya melimpah, tidak lantas membuat kampung ini maju. Justru sebaliknya, ketertinggalan dan keterbatasan menyelimuti warga kampung ini. Untuk menuju Kampung Segeram harus ditempuh melalui Ranai mengendarai speedboat selama satu jam yang sudah terparkir di Pelabuhan Binjai.

Perahu akan melewati barisan hijaunya hutan bakau. Semakin melaju ke tengah laut

dapat dijumpai bagan-bagan apung milik nelayan. Perjalanan akan melewati Pulau Sedanau yang terkenal akan ikan Napoleon-nya. Ikan yang sudah cukup terkenal hingga mancanegara itu. Fasilitas yang ada di kampung ini pun sangat terbatas.

Baca Juga:

Kemenag Geser Materi Khilafah dari Mata Pelajaran Fikih ke Sejarah
Pimpinan MPR Pertanyakan Revisi Konten Khilafah di Buku Pelajaran Agama

Tidak ada listrik yang mengaliri kampung ini. Kebutuhan listrik didapatkan dari tenaga surya

dan mesin diesel. Selain itu, di kampung ini juga baru ada 1 sekolah dasar (SD) yang berdiri pada 2002 dan 1 sekolah menengah pertama (SMP) yang baru saja berdiri 2018 lalu.

Kedua sarana pendidikan inilah yang kini menjadi tumpuan warga Kampung Segeram untuk mewujudkan mimpi mereka. Kepala Sekolah Zufrianto mengatakan, ada 14 siswa yang sekolah di SD dan 8 siswa di SMP. Mereka dididik oleh 8 guru SMP dan 6 guru SD.

“Meski tinggal di pulau terluar, semangat mereka untuk sekolah tidak pernah luntur. Namun, kami ada tantangan yang mesti dihadapi yakni jaringan internet dan listrik karena masih pakai diesel,” ungkap Zufrianto saat menerima kunjungan Mendikbud Muhadjir Effendy kemarin.

 

Sumber :

http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/adguard-premium/

Posted on: December 19, 2019, by :