teks persuasif dan contoh

Menulis teks persuasif bersifat subyektif. Karena isinya murni pandangan topik pribadi penulis. Jadi sangat jarang bahwa data pendukung lain dalam pernyataan persuasif akan mendukung penulisan, sehingga pembaca tidak perlu ragu menulis tulisannya.

Ketentuan yang meringkas paragraf yang meyakinkan adalah sebagai berikut.

Pemilihan kata

Poin kuat dari kalimat persuasif adalah kata-katanya. Untuk alasan ini, ketika menulis teks persuasif, kita harus memilih kata yang benar dan menarik.

Sudahkah Anda membaca kalimat persuasif? Bujukan atau bujukan berarti undangan, bujukan, atau berbicara. Nah, sesuai dengan makna kata tersebut, teks persuasif adalah teks yang ditujukan untuk mengundang, memberi tahu atau membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Kemampuan menangani emosi

Setelah memilih kata, kita juga harus mampu menangani emosi pembaca. Dengan kata lain, pembaca dapat mengembang atau melemahkan emosi pembaca dari kalimat yang telah kita tulis. Terutama tentang persuasi politik dan hukuman propaganda.

Bukti / Fakta

Tambahkan bukti dan fakta untuk memperkuat gagasan yang Anda tulis dalam kalimat persuasif.

Contoh kalimat persuasif

Mari kita hindari tembakau, bahkan setidaknya satu

Buka Alinea

Tembakau mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi sistem pernapasan. Tar dan nikotin adalah salah satu bahan kimia berbahaya dari rokok. Tembakau mengandung lebih dari 4000 zat kimia, 200 di antaranya beracun.

Deskripsi Arena

Semakin tinggi kandungan tar tembakau dan nikotin, semakin besar dampak negatifnya bagi tubuh kita. Efek buruk pada perokok aktif dan perokok pasif termasuk penyakit jantung, kanker, dan impotensi. Selain itu, gangguan kehamilan dan janin memiliki efek buruk pada wanita perokok aktif.

Paragraf terakhir

Pengaruh negatifnya sangat besar sehingga Anda menghindari tembakau dan menghindari tembakau sehingga Anda dapat membuat tubuh Anda sehat dan mengurangi polusi udara. Tidak ada salahnya untuk orang lain.

Definisi dan struktur deskripsi

Bahasa teks aturan persuasi

  1. Gunakan kata persuasi (Anda harus melakukannya sesuai)
  2. Gunakan kata kerja instruksi (hati-hati, hati-hati)
  3. Gunakan istilah atau terminologi teknis yang terkait dengan topik yang sedang dibahas.
  4. Gunakan konjungsi dengan argumen (jika itu legal, karenanya, sebagai hasilnya).

Sumber : https://rumusbilangan.com/

Posted on: March 8, 2019, by : 9faxj