TIPS SEDERHANA MENGATASI NYERI PUNGGUNG UNTUK IBU HAMIL

TIPS SEDERHANA MENGATASI NYERI PUNGGUNG UNTUK IBU HAMIL

Jika Anda adalah seorang wanita yang sedang hamil dan mengalami nyeri punggung, tak mesti risau bagaimana langkah mengatasi nyeri punggung sementara hamil. Karena nyeri punggung sementara hamil mampu jadi tandanya bahwa janin dalam rahim Anda sedang tumbuh dan berkembang. Semakin janin makin tambah besar, maka beban terhadap bagian punggung Anda akan semakin besar. Sehingga Anda berkemungkinan merasakan nyeri terhadap bagian tulang punggung Anda.

Penyebab Nyeri Punggung Saat Hamil
Nyeri punggung sementara hamil kebanyakan berjalan sementara tulang panggul bersua dengan bagian tulang belakang, yakni di sendi sacroiliac. Rasa nyeri ini menjadi saat Anda membungkukkan badan, memakai dan membuka baju, bangun berasal dari tempat tidur, atau saat berdiri berasal dari posisi duduk. Sebelum memahami lebih lanjut mengenai bagaimana langkah mengatasi nyeri punggung sementara hamil. Ada beberapa perihal yang mengakibatkan terjadinya nyeri punggung sementara hamil. Berikut penjelasannya.

Bertambahnya Berat Badan

Ibu hamil kebanyakan mengalami bertambahnya berat badan, sehingga beban yang ditanggung oleh tulang terhadap punggung pun semakin berat. Akibatnya akan berjalan nyeri punggung.

Perubahan Postur Tubuh

Tanpa disadari, sepanjang hamil postur tubuh perlahan akan beralih sebab titik berat tubuh Anda termasuk berubah. Hal ini mampu mengakibatkan nyeri punggung akibat ketidakseimbangan berat badan.

Perubahan Hormon

Ketika hamil, tubuh Anda mengolah hormon relaxin yang terlalu mungkin ligamen (jaringan kuncir yang menghubungkan tulang dan sendi) jadi longgar. Sehingga keseimbangan tubuh terganggu dan mengakibatkan nyeri punggung.

Pemisahan Pada Otot

Otot yang berada terhadap tulang rusuk hingga tulang kemaluan barangkali terpisah akibat pembesaran rahim, sehingga mampu mengakibatkan nyeri punggung.

Stres

Ketika stress, otot di punggung mengalami ketegangan, sehingga punggung akan menjadi nyeri.

Cara Mencegah Nyeri Punggung Saat Hamil
Ada pepatah yang menyatakan bahwa menghindar lebih baik daripada mengobati. Hal ini termasuk berlaku terhadap ibu hamil. Nyeri punggung sebenarnya biasa dialami oleh mayoritas ibu hamil. Namun, tidak benar terkecuali membiarkannya berjalan begitu saja. Ada beberapa langkah yang mampu ditunaikan sebagai usaha dalam menghindar terjadinya nyeri punggung sementara hamil. Berikut caranya.

Istirahat yang cukup
Rutin berolahraga ringan
Hindari mengangkat beban yang berat
Jangan berlama-lama terhadap satu posisi
Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk
Pakailah sepatu yang datar sehingga penyebaran berat badan merata
Jika membawa beban, sebaiknya bagilah secara rata terhadap kedua tangan
Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil
Nyeri punggung yang dialami oleh ibu hamil mampu menjadi gampang dan mereda dengan sendirinya. Namun, sering kadang nyeri punggung ini mampu jadi kronis dan menjadi benar-benar menyakitkan, bahkan terkecuali tidak segera diatasi. Untuk itu, terkecuali Anda sementara ini mengalami nyeri punggung sebab kehamilan, Anda mampu meredakannya dengan melakukan beberapa langkah selanjutnya ini.

Memijat Punggung

Mintalah pasangan Anda untuk memijat lembut semua bagian punggung menjadi berasal dari leher hingga pinggang. Pijatan yang lembut mampu meredakan rasa lelah, sakit otot, maupun nyeri punggung.

Melakukan Olahraga

Anda benar-benar dianjurkan untuk rutin berolahraga dengan gerakan yang ringan. Sebab, olahraga mampu memperkuat dan menaikkan fleksibilitas otot, sehingga tekanan terhadap tulang punggung akan berkurang. Kegiatan olahraga yang aman sementara hamil adalah dengan berjalan kaki, berenang dan memakai sepeda statis.

Memperbaiki Postur Tubuh

Saat hamil, otot-otot terhadap semua tubuh gampang jadi tegang. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk melindungi postur tubuh sepanjang beraktivitas maupun tidur. Misalnya, sementara duduk, letakkan bantal di belakang punggung sehingga mampu menyokong tulang punggung Anda. Atau sementara tidur, posisikan tubuh secara miring dan letakkan bantal satu diantara lutut sehingga mampu kurangi stres terhadap punggung.

Kompres Punggung dengan Air Dingin dan Panas

Mengompres punggung dengan air dingin dan panas termasuk termasuk langkah mengatasi nyeri punggung sementara hamil. Caranya, manfaatkan handuk yang memuat es batu dan kompres punggung sepanjang 20menit/hari. Setelah rutin melakukannya sepanjang 3 hari, gantilah dengan menempelkan botol memuat air panas terhadap punggung yang sakit sepanjang 20menit/hari. Lakukan kompres panas selanjutnya sepanjang 3 hari sehingga nyeri punggungmu mampu mereda.

Baca Juga :

Posted on: February 5, 2020, by : 9faxj