TUGAS DAN FUNGSI GURU

TUGAS DAN FUNGSI GURU

            Tugas utama guru adalah mendidik, dalam arti mengajar untuk mem-berikan pengetahuan dan meningkatkan kecerdasan, melatih siswa dalam arti membekali keterampilan, serta mendidik dalam arti memasyarakatkan sikap takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berudi pekerti luhur, mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Tugas tersebut dijabarkan menjadi fungsi-fungsi yang berbentuk kegiatan berikut ini.

1)    Fungsi pokok, melaksanakan tatap muka dengan siswa dengan segala implikasinya sehingga guru berwibawa mengantarkan siswa mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan sebagai-mana ditetapkan dalam tujuan pendidikan nasional.

2)    Fungsi profesi, dalam arti usaha-usaha mengaitkan profesinya sebagai guru dalam bentuk meningkatkan kemampuan baik secara formal maupun nonformal serta melakukan pengembangan profesi (seperti menulis buku, melakukan penelitian ilmiah, menemukan metode pembelajaran, mengikuti penataran atau pelatihan guru, dan sejenisnya).

3)      Selain tugas-tugas pokok dan tugas profesi, kepada guru juga dibeban-kan tugas-tugas tambahan yang bersifat pembinaan dan pengembangan kemampuan administratif untuk membantu pengelolaan sekolah. Tugas-tugas tambahan ini meliputi tugas tambahan menjadi wakil kepala sekolah, pembantu kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat, tugas menjadi wali kelas, tugas tambahan melatih dan membina kegiatan ekstrakurikuler.

4)      Fungsi pembimbing dan pembina dalam hal membina aktivitas siswa, bimbingan dan konseling, serta pengembangan moralitas dan etika siswa.

5)      Fungsi kemanusiaan dan kemasyarakatan, yakni segala aktivitas guru di tengah-tengah masyarakat dalam rangka mengamalkan ilmunya guna meningkatkan nilai-nilai keimanan secara kontekstual.

            Atas dasar uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi dan tugas guru meliputi fungsi pokok, fungsi profesi, fungsi tambahan, fungsi pembimbing, serta fungsi kemanusiaan dan kemasyarakatan yang seluruhnya harus bersatu dalam diri guru sebagai suatu bentuk kompetensi.

Sedangkan menurut Undang-undang RI Nomer 14 tahun 2005, bab I, pasal 1, ayat, 1 disebutkan, bahwa tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (UU nomer 14 tahun 2005).

  1. Tugas Guru di Sekolah

Tugas Guru  Sebagai seorang pendidik yang memahami fungsi dan tugasnya, guru khususnya ia dibekali dengan berbagai ilmu keguruan sebagai dasar, disertai pula dengan seperangkat latihan keterampilan keguruan dan pada kondisi itu pula ia belajar memersosialisasikan sikap keguruan yang diperlukannya. Seorang yang berpribadi khusus yakni ramuan dari pengetahuan sikap danm keterampilan keguruan yang akan ditransformasikan kepada anak didik atau siswanya.

Sumber :

https://cipaganti.co.id/bukalapak-pakai-kecerdasan-buatan-untuk-cegah-penipuan/

Posted on: July 26, 2020, by :